Dua Makanan Solo Ini Terkenal Sampai Mancanegara

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 11 Juni 2015 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 11 298 1163802 dua-makanan-solo-ini-terkenal-sampai-ke-mancanegara-LyCSGhiNhM.jpg Sosis solo (Foto:Namibakery)

ANEKA kuliner khas Solo menjadi suguhan istimewa dalam resepsi pernikahan putra Presiden Joko Widodo, Gibran dengan Selvi. Tidak hanya terkenal di Tanah Air, sejumlah makanan khas Solo ternyata juga kesohor hingga ke mancanegara. 

Pernikahan Gibran dengan Selvi bisa dikatakan sekaligus menjadi ajang untuk semakin memperkenalkan aneka kuliner khas Solo. Sebut saja seperti nasi liwet solo, tengkleng, garang asam, timlo, surabi, selat solot, sosis solo dan masih banyak lainnya, disuguhkan untuk memanjakan lidah para tamu undangan.

Chef Zulkarnaini mengatakan, setidaknya ada dua jenis makanan khas Solo yang dikenal hingga di luar negeri, yakni bistik jawa dan sosis solo. Dihubungi Okezone melalui telefon, Chef Zul-sapaan akrabnya- mengatakan, bistik jawa atau selat solo banyak dikenal di Belanda karena makanan ini memang merupakan perpaduan antara makanan barat dengan cita rasa lokal.

“Bistik jawa terkenal karena itu merupakan adaptasi makanan dari barat yang dikemudian diolah dan disesuaikan dengan lidah masyarakat Solo,” kata Chef Zul.

Selain bistik jawa, ada lagi satu makanan yang terkenal yakni sosis solo. Makanan yang termasuk snack ini merupakan sajian yang terbuat dari daging ayam suwir yang dibungkus dengan telur dadar. Hidangan ini juga kerap disajikan saat digelar berbagai festival kuliner di luar negeri.

“Saat ada festival kuliner di luar negeri, sajian sosis solo kerap dihadirkan sehingga menurut saya banyak orang luar yang mengenal,” tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini