Trik agar Tidak Terkecoh Kontak Lensa Ilegal

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2015 10:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 12 481 1164275 trik-agar-tidak-terkecoh-kontak-lensa-ilegal-uWqW1oBt0m.jpg Agar tak terkecoh beli lensa kontak ilegal (Foto: Wikihow)

ANDA harus memerhatikan tiga hal penting sebelum membeli kontak lensa yang aman. Apa saja itu?

Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementeria Kesehatan RI Dra. Maura Linda Sitanggang PhD menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam membeli kontak lensa. Ada tiga hal yang harus diperhatikan seperti yang dirangkum Okezone, Jumat (12/6/2015) berikut ini.

Punya izin edar

Kontak lensa adalah suatu jenis alat kesehatan yang harus punya nomor izin edar. Karena syarat itu menjadi tanda kalau sepasang kontak lensa lolos uji laboratorium.

“Lihat dulu ada izin edar atau tidak sebelum membeli kontak lensa. Jangan sembarangan membeli!,” kata Linda saat dihubungi Okezone.

Beli di optik resmi

Kontak lensa tidak boleh dibeli di sembarang tempat, termasuk di situs online meskipun harganya lebih murah. Jika Anda ingin membeli kontak lensa yang sebaiknya pergi ke optik resmi.

Lihat fisiknya

“Kalau memang sudah ada nomor izin edar, sebelum beli kontak lensa lihat dulu fisiknya. Jangan beli yang rusak karena bisa bahaya,” tutup Linda.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini