Ini Ciri Khas Makanan Madura

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 14 Juni 2015 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 13 298 1164859 ini-ciri-khas-makanan-madura-ERRyywXDou.jpg Nasi serpang khas Madura (Foto:Sindikasi)

CITA rasa makanan khas Madura terbilang unik dan banyak kejutan. Rasa asin, gurih dan pedas menjadi ciri khas makanan Madura yang tidak akan ditemukan dalam masakan di daerah lain di Indonesia.

Madura merupakan salah satu penghasil garam yang membuat cita rasa masakannya cenderung asin. Hal ini dikatakan Alam, seorang fixer atau pemandu ekspedisi kuliner kepada Okezone di Madura, Jawa Timur.

"Masakan Madura lebih ke asin, gurih, pedas. Kalau asinnya karena Madura juga dikelilingi laut dan salah satu penghasil garam di Indonesia," kata Alam.

Sedangkan untuk rasa gurih, hampir pada setiap masakan Madura pasti menggunakan parutan kelapa yang digoreng kering atau biasa disebut serundeng. Misalnya, pada sajian nasek serpang, nasi campur, bebek goreng madura dan masih banyak sajian khas Madura lainnya yang menggunakan serundeng.

"Masakan Madura khasnya pasti pakai serundeng gurih. Kalau pedas, di sini (Madura-red) juga banyak tumbuh cabai," pungkas dia.

(ndr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini