Share

Resep Healthy Rainbow Noddles

Santi Andriani, Okezone · Sabtu 13 Juni 2015 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 13 298 1164934 resep-healthy-rainbow-noddles-3YgMgq1dXD.jpg Healthy rainbow noddles Lia 'JMCI' (Foto:Kowel/Okezone)

TOP Four Junior MasterChef Indonesia (JMCI) musim pertama, Natalia Samuel Pengestu atau Lia 'JMCI' suka membuat mi sendiri. Selain lebih nikmat, hasilnya menurut Lia 'JMCI' akan lebih sehat. Ia menamakan sajian minya yaitu healthy rainbow noddles.

Mengapa lebih sehat, Lia 'JMCI' mengatakan karena untuk memberikan warna pelangi pada minya tersebut, ia menggunakan perwarna makanan alami. Yaitu, yang berasal dari air perasan buah bit, wortel dan sayuran pakcoy.

Lia 'JMCI' menjelaskan, buah bit, wortel dan sayuran pakcoy tinggal diblender dengan air sedikit untuk mendapatkan sarinya. Kemudian air perasan itulah yang digunakan sebagai campuran adonan mi yang juga dibuat sendiri.

Kepada Okezone di kediamannya di Alam Sutera, Tangerang, Lia 'JMCI' mendemokan bagaimana membuat healthy rainbow noddles dan membagikan resepnya. Berikut resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan mi

240 gr terigu protein tinggi

20 gr sagu

Bahan basah

100 gr yang terdiri dari 1 butir telur ayam ditambah dengan air perasan buah bit/wortel dan pakcoy

1/2 sdt garam

1 sdm minyak goreng

Cara membuat mi

1. Masukkan bahan basah yang sudah tercampur rata ke dalam bahan kering. ;

2. Mixer dengan kecepatan sedang, hingga tercampur rata dan terbentuk buliran (kasar);

3. Masukkan ke plastik, tekan-tekan dan ratakan;

4. Lalu pipihkan dengan roll print. Giling adonan mi dari ukuran tebal hingga menjadi tipis;

5. Taburkan sagu agar tidak lengket. Cetak menjadi mi dengan alat pencetak mi.

Cara membuat topping

1 sdm minyak goreng

1 sdm minyak wijen

3 siung bawang putih, cincang halus

200 gr daging ayam tanpa tulang, cincang halus

1/2 sdt garam

1/2 sdt merica

1 sdt terigu

Cara membuat

1. Panaskan minyak, tumis bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam cincang aduk hingga berubah warna. Masukkan garam, merica, taburi terigu, aduk sampai kering, angkat;

2. Untuk kuahnya, Anda bisa merebus tulang-tulang ayam sampai lama untuk membuat kuah kaldu. Tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, merica dan garam;

3. Untuk membuat satu porsi mi, rebus mi dalam air mendidih hingga matang tapi tidak kematangan. Setelah matang, tuang dalam mangkuk beri topping dan nikmati dengan kuah kaldu dan sayuran sawi rebus.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini