Peran Wajib Orangtua dalam Keluarga

Ariesta Asri, Jurnalis · Senin 15 Juni 2015 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 15 196 1165535 peran-wajib-orangtua-dalam-keluarga-aZ7nrwwW3F.jpg Pera wajib orangtua dalam keluarga (Foto: Yourtango)
TRAGEDI yang menimpa Angeline adalah salah satu contoh saat orangtua melupakan peran dan tanggung jawab pada anak. Apa yang dilakukan Margaret jelas bukan ciri orangtua terpuji.
 
Meski pun suaminya telah meninggal dan Margaret bukan ibu kandung Angeline, Margaret tidak bisa serta merta lepas tanggung jawab pada Angeline. Lantas, bagaimanakah ciri-ciri orangtua terpuji? Simak ulasannya di bawah ini.
 
Kompak

Aturan utama dalam pengasuhan adalah Anda dan pasangan harus kompak dalam masalah kedisiplinan, makanan, dan waktu tidur. Jika sang ayah misalnya, secara diam-diam membiarkan anaknya main komputer lebih lama dari waktu yang ditentukan ibu dan berkata, “Rahasiakan ini dari ibumu,” maka pasangan ini belum benar-benar kompak,

Berdiskusi

Kedua belah pihak mendiskusikan setiap keputusan yang berkaitan dengan anak. Inisiatif tidak harus datang dari istri, tapi suami juga wajib menyumbangkan ide-ide.

Tidak saling menyalahkan

“Kubilang juga apa.” Tiga kata ini merupakan senjata berbahaya dan bisa sangat menyakitkan saat terjadi adu argumen. Jika keputusan dalam mengasuh anak didiskusikan dengan baik, saling menyalahkan tidak akan terjadi.

Merayakan setiap kesuksesan

Mendisiplinkan anak bisa membuat lelah secara emosional. Namun, jika anak akhirnya bisa melakukan dengan baik, Anda dan pasangan bisa merayakannya, karena merupakan keberhasilan bersama. Demikian dilansir dari Yourtango, Senin (15/6/2015).

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini