Bahaya Kontak Lensa Ilegal Menurut Menkes Nila

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2015 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 16 481 1166373 bahaya-kontak-lensa-ilegal-menurut-menkes-nila-zjdVB5tIuL.jpg Menkes ungkapkan bahaya kontak lensa ilegal (Foto: Okezone)

SAAT ini banyak sekali orang tergiur menggunakan kontak lensa dengan berbagai warna dan harganya murah. Meski sudah banyak peringatan, namun masih saja masyarakat nekat membeli lensa kontak ilegal.

Apalagi belum lama ini kita dihebohkan dengan penyitaan kontak lensa ilegal di sebuah gudang penyimpanan yang berlokasi di Pasar Baru, Jakarta Pusat. Lalu apa bahayanya?

Menteri Kesehatan RI Prof Nila F Moeloek SpM(K) mengatakan, kontak lensa ilegal sangat berbahaya digunakan, karena menempel di organ mata. Belum lagi Anda membeli kontak lensa yang tidak memiliki nomor izin edar dari Kementerian Kesehatan. Itu wajib dipertanyakan!.

"Kalau memakai lensa kontak gak benar akan terjadi luka di kornea. Pertama kotor dan cairan pencucinya tidak benar. Begitu ada kuman mata kita gampang terkontaminasi," kata Menkes Nila kepada Okezone usai acara Peresmian Faralkes Online di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Menkes Nila menambahkan, semua dokter mata tidak menganjurkan pemakaian kontak lensa, terlebih bagi anak-anak juga dilarang keras memakai kontak lensa dengan alasan gaya hidup.

"Tetapi kadang-kadang seperti bayi dengan katarak, setelah dioperasi kalau nanti dia sudah besar boleh pakai kontak lensa, tapi ibunya juga harus menjaga betul kondisinya," imbuh Menkes Nila.

Daripada Anda memilih pakai kontak lensa, sebaiknya bisa melakukan lasik mata yang lebih aman. Teknik lasik bisa menghilangkan gangguan mata minus dan plus pada seseorang.

"Kalau ingin menyembuhkan mata sekarang kan ada lasik. Tapi memang lasik biayanya agak mahal dan harus memenuhi umur. Hindarilah kontak lensa kalau memang tidak terpaksa betul sesuai anjuran dokter," tutup Menkes Nila.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini