Komposisi Makanan yang Dianjurkan saat Puasa

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 17 Juni 2015 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 17 481 1166643 komposisi-makanan-yang-dianjurkan-saat-puasa-FppuitiM8Q.jpg Makanan yang dianjurkan saat puasa (Foto: Goqii)

MENJELANG puasa, mungkin banyak dari kita telah menyimpan banyak bahan makanan untuk keperluan sahur. Tetapi apakah Anda sudah memastikan bahan makanan yang disiapkan untuk puasa sudah lengkap?

Komposisi makanan untuk dimakan sebelum puasa tidaklah berbeda dengan komposisi saat kita makan di hari biasa, kata Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK.

“Puasa itu hanya menggeser jam sarapan dan melewatkan makan siang. Saya menganjurkan saat sahur kita harus makan makanan lengkap dengan karbohidrat, protein, lemak, sayur, dan buah,” jelasnya saat ditemui belum lama ini.

Sarapan dengan makanan lengkap penting untuk menjaga agar tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga penting untuk menjaga agar kadar darah tidak fluktuatif atau naik-turun drastis. Bila tubuh terasa lemah dan pusing di sore hari, pertanda gula darah turun drastis, di situlah pentingnya makanan manis.

“Pada saat berbuka dianjurkan untuk cukup makan makanan manis untuk mengatasi gejala gula darah turun. Setelah solat maghrib, baru makan besar dengan menu lengkap dan padat. Namun kurangi makanan manis atau mengandung gula setelah itu,” tambahnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini