Cara Redakan Gejala Flu pada Anak

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 19 Juni 2015 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 19 481 1167918 cara-redakan-gejala-flu-pada-anak-BXjUSskgxY.jpg Cara redakan flu anak (Foto: Everydayhealth)

TIDAK ada orangtua yang tenang bila melihat anak mereka sakit. Gejala selesma atau pilek dan flu memiliki kesamaan. Gejala seperti suhu tubuh naik, hidung tersumbat atau meler, batuk, dan nyeri yang dialami anak sebaiknya ditangani dengan bijak.

Gejala pilek berkisar antara pilek, demam hingga 38 derajat celcius, sakit tenggorokan, dan bersin. Sementara flu digejalai dengan demam lebih dari 38 derajat Celcius disertai menggigil, diare, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

Meskipun tidak ada obat baik untuk pilek atau flu, beberapa obat dapat membantu meringankan ketidaknyamanan yang dialami anak-anak. Untuk demam, sakit kepala, nyeri otot, dan sakit tenggorokan, anak-anak dapat diberi acetaminophen (Tylenol) sesuai anjuran.

Dekongestan dapat membantu mengeringkan sekresi lendir. Namun, ini harus diberikan sesuai petunjuk karena zat ini adalah stimulan jantung dan dapat mengakibatkan kematian jika tidak digunakan dengan tepat.

"Efek samping yang serius lain dari obat dingin termasuk kejang, detak jantung cepat, dan kehilangan kesadaran. Obat pilek dan batuk ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia enam tahun," kata Henry H. Bernstein, Profesor Kedokteran Anak di Dartmouth Medical School, Amerika Serikat.

Secara umum, dokter juga tidak akan meresepkan antibiotik untuk pilek dan flu karena mereka tidak akan efektif melawan virus flu. Namun, Bernstein menambahkan, dokter terkadang meresepkan antibiotik jika ada kekhawatiran terhadap infeksi bakteri.

Selain pilihan pengobatan, Bernstein mengatakan ada sejumlah cara yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak-anak mereka merasa lebih baik ketika sedang menderita pilek atau flu. Berikut penjelasannya seperti diambil dari Everydayhealth, Jumat (19/06/2015).

· Dudukkan anak dalam posisi tegak untuk membantu mereka bernapas lebih baik

· Gunakan semprotan salin (larutan garam) untuk menghilangkan lendir dari hidung

· Gunakan pelembab udara di kamar tidur anak untuk membantu melonggarkan hidung tersumbat

· Memberi anak banyak minum air putih

· Mengajar anak untuk menutup mulut atau hidung saat batuk dan bersin dengan siku mereka

· Mengingatkan anak untuk tidak menyentuh hidung, mulut, atau mata mereka

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini