Siasat agar Anak Bergairah Jalani Puasa

Vessy Frizona, Jurnalis · Senin 22 Juni 2015 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 22 196 1169244 siasat-agar-anak-bergairah-jalani-puasa-Avbu2Su4SK.jpg Siasat agar anak bergairah jalani puasa (Foto: Mindware)
LIBUR di bulan Ramadan memang tidak bisa diharapkan dapat melakukan aktivitas sama seperti bulan biasa, apalagi untuk anak-anak. Lantas, kegiatan menyenangkan apa yang bisa orangtua beri pada anak saat bulan puasa?
 
Psikolog Melly Puspita Sari, Psi, M,NLPm mengungkapkan, orangtua bisa mengajak anak membuat kue untuk buka puasa agar anak-anak tidak lemas ketika menanti adzan Maghrib. Karena, sore hari memang waktu yang benar-benar krusial bagi anak yang berpuasa.
 
“Orangtua harus cerdas menyiasati kondisi agar anak tidak lesu. Pancing anak-anak dengan pertanyaan, ‘Kamu mau berbuka puasa pakai apa?’ Ketika si anak sudah menjawab, misalnya, berbuka dengan banana split, ajak mereka membuat itu bersama,” ucap Melly kepada Okezone.
 
Kegiatan itu akan menjadi sangat menyenangkan bagi anak ketika di dapur. Anak-anak bergairah menjalani puasa dan senang. Paling terpenting, orangtua membuat anak bahagia belajar puasa. Jangan dimarahi kalau dia lapar atau tergoda ingin berbuka.
 
“Orangtua harus mengajak anak riang di bulan Ramadan. Agar puasa memberi kesan dan kenangan seru pada anak. Dengan melakukan aktivitas itu, akan membuat anak mengenang sampai besar. Ia akan selalu teringat kalau puasa itu seru,” jelasnya.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini