nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Anak Berkata Kotor atau Kasar

Ariesta Asri, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2015 13:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 06 23 196 1169914 penyebab-anak-berkata-kotor-atau-kasar-2HD2cktm5B.jpg Penyebab anak berkata kasar dan kotor (Foto: Workingparenting)
TIDAK ada satu pun orangtua yang ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang suka berkata-kata kotor atau kasar. Tak disangkal, lingkungan adalah salah satu penyebab di mana anak mulai mengenal ucapan-ucapan yang tidak sepantasnya.
 
“Keluarga adalah pihak pertama yang menyampaikan mana yang baik dan mana yang buruk. Akan tetapi, anak-anak tumbuh dan berkembang tidak hanya dengan keluarga tetapi juga bersama domestic helper (misalnya asisten rumah tangga dan baby sitter),” jelas konsultan dan konselor pendidikan Vivid F. Argarini pada Okezone.
 
Bukan berarti menyalahkan pihak luar dalam membentuk kepribadian buruk pada anak, melainkan Vivid justru menyarankan agar orangtua mencari tahu penyebab mengapa anak bisa berkata-kata kotor atau kasar. Atau malah, bisa saja anak meniru tindakan orangtua karena orangtua suka menggerutu atau memaki tanpa sadar.
 
“Penyebab anak berkata kasar atau kotor, yang pasti karena lingkungan di luar sekolah dan media seperti televisi,” Vivid menambahkan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini