nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Langsung Salahkan Anak saat Berkata Kasar

Ariesta Asri, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2015 15:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 06 23 196 1169927 jangan-langsung-salahkan-anak-saat-berkata-kasar-K7wBTpgVeB.jpg Jangan langsung salahkan anak saat berkata kasar (Foto: Huffingtonpost)
KAGET, inilah reaksi orangtua tunjukkan saat si kecil berkata-kata kotor atau kasar. Padahal, sebagai orangtua Anda tidak pernah berkata-kata yang tidak pantas padanya. Lalu, dari mana si kecil mencontoh tindakan tercela ini?
 
“Penyebab anak berkata kasar atau kotor yang pasti karena lingkungan di luar sekolah dan media seperti televisi,” kata konsultan dan konselor pendidikan Vivid F. Argarini pada Okezone.
 
Kata-kata tidak pantas yang keluar dari mulut si kecil jangan langsung dijadikan alasan untuk memarahinya. Bisa saja si kecil mengucapkan kata-kata tersebut tanpa tahu arti yang sebenarnya.
 
Oleh karena itu, saat si kecil berkata yang tidak pantas, Vivid menyarankan agar orangtua bertanya balik ke anak, misalnya dengan cara, “Kamu paham tidak nak kalau itu artinya apa? Menurut kamu kata-kata yang diucapkan bagus tidak?”
 
“Mungkin anak melontarkan kata-kata kasar karena berpikir itu keren, apalagi setelah melihat contohnya di film-film. Dia akhirnya menganggap kalau itu sesuatu yang funky,” lanjut Vivid.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini