nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Cerdas Tegur Anak Berkata Kotor dan Kasar

Ariesta Asri, Jurnalis · Selasa 23 Juni 2015 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 06 23 196 1169970 cara-cerdas-tegur-anak-berkata-kotor-dan-kasar-silO8h0pcX.jpg Cara cerdas tegur anak berkata kotor dan kasar (Foto: Huffingtonpost)
ORANGTUA mana yang tidak terkejut saat si kecil mengeluarkan kata-kata kotor atau kasar? Tak heran, banyak orangtua langsung memarahi si kecil meskipun saat itu sedang berada di depan umum. Namun, menurut konsultan dan konselor pendidikan Vivid F. Argarini, pendekatan ini tidaklah efektif.
 
"Dalam suasana ramai, saat anak meneriakkan kata-kata tidak baik, langsung menegur bukan pendekatan yang jitu,” terang Vivid saat dihubungi Okezone.
 
Sebaliknya, Vivid menyarankan agar orangtua memanggil anak dalam suasana yang nyaman untuk berbicara. Memarahi anak di depan umum selain memalukan, dikhawatirkan nantinya malah membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang minder.
 
“Memberi tahu dengan cara baik-baik bukan berarti menandakan bahwa orangtua lemah. Menegur anak tidak harus disertai nada tinggi atau mata melotot,” imbuhnya lagi.
 
Sebelum menegur, orangtua sebaiknya berusaha memahami alasan anak berkata kotor atau kasar. Mungkin saja anak hanya ikut-ikutan dan tidak benar-benar paham arti dari kata-kata tersebut.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini