Share

Cara Alihkan Perhatian Anak saat Bicara Kasar

Ariesta Asri, Okezone · Selasa 23 Juni 2015 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 23 196 1170044 cara-alihkan-perhatian-anak-saat-bicara-kasar-0u67V3lA6m.jpg Cara alihkan perhatian anak saat bicara kasar (Foto: Popsugar)
ANAK-ANAK adalah peniru ulung. Anak-anak juga sangat mudah terpengaruh oleh perilaku orang-orang di sekitar. Jika anak dikelilingi oleh lingkungan di mana kata-kata kasar atau kotor biasa diucapkan, jangan heran jika anak akhirnya suka mengucapkan kata-kata yang tidak pantas.
ย 
Konsultan dan konselor pendidikan Vivid F. Argarini mengungkap, selain faktor lingkungan dan tontonan, anak-anak yang berkata kotor atau kasar bisa juga karena ia tidak tahu bagaimana menyalurkan emosi secara sopan. Berikut ini adalah cara untuk mengalihkan perhatian anak yang suka bicara kasar.
ย 
Tarik napas

Tenangkan anak dengan memandunya menarik napas dalam-dalam. Cara ini akan meredam tantrum pada anak.

Menggambar

Ajak anak menyalurkan emosi lewat guratan krayon pada kertas gambar. Bimbing ia untuk menggambarkan apa yang membuatnya kesal. โ€œLewat warna, kita bisa tahu suasana hati anak. Misalnya, warna merah atau hitam berarti anak sedang sedih, warna-warna cerah artinya dia sedang senang,โ€ jelas Vivid.

Olahraga

Lepaskan energi berlebihan lewat berolahraga. Selain bermanfaat bagi kesehatan, olahraga juga bisa menimbulkan perasaan senang.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini