Usia yang Baik untuk Melatih Anak Berpuasa

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2015 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 24 481 1170540 usia-yang-baik-untuk-melatih-anak-berpuasa-terWxLbxXz.jpg Usia yang baik melatih anak puasa (Foto: Idisciple)

MENGAJARKAN berpuasa pada anak perlu dilakukan sejak dini. Akan tetapi orangtua juga harus melihat kesiapan fisik anak dari usia tumbuh kembangnya.

"Anak memang belum diwajibkan berpuasa. Jadi pastikan dulu anak sehat dan tumbuh kembangnya tidak terganggu sebelum diajarkan berpuasa," kata Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ia mengatakan, usia di atas lima tahun adalah usia yang cukup untuk mulai berlatih puasa. Di umur tersebut, masa tumbuh kembang vital anak sudah dilalui. Anak diperbolehkan berpuasa, namun dengan bertahap, lanjut dokter yang akrab disapa Fias ini.

"Untuk melihat anak sehat dan tumbuh kembangnya tidak terganggu, ada perhitungannya sendiri. Ini bisa dilihat dari grafik tumbuh kembang. Yang ditakutkan adalah anak ternyata kekurangan gizi, yang berbahaya bila dipaksakan berpuasa," lanjut dr Fias saat ditemui di Jakarta.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini