nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Perokok Rentan Kena Kanker Payudara

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 27 Juni 2015 15:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 06 27 481 1172410 wanita-perokok-rentan-kena-kanker-payudara-d8qTKAHNNe.jpg Wanita perokok rentan kena payudara (Foto: Liberty)

MEROKOK memang musuh bagi kita semua, apalagi pada mereka yang menderita penyakit parah seperti kanker. Menurut satu penelitian, kebiasaan merokok meningkatkan risiko meninggal pada wanita pre menopause yang menderita kanker payudara.

“Secara keseluruhan, penelitian ini mengingatkan pasien tentang bagaiamana merokok bisa mempengaruhi kelanjutan dari penyakit kanker payudara,” kata salah satu penulis penelitian, Yuko Minami dari Tohoku University Graduate School of Medicine, Sendai, di Jepang.

Studi ini melibatkan 848 pasien yang dirujuk ke satu rumah sakit di Jepang sejak tahun 1997 sampai 2007. Status perokok aktif atau pasif pasien dipilah dengan kuesioner yang diisi langsung oleh partisipan penelitian. Hingga 31 Desember 2010 lalu, partisipan terus diikuti perkembangannya.

Dari pengamatan selama satu dekade tersebut, peneliti menemukan bahwa wanita pre menopause yang merokok lebih dari 21,5 tahun 3,1 kali lebih tinggi risikonya untuk meninggal dengan berbagai penyebab, dan 3,4 kali lebih tinggi risikonya untuk meninggal akibat kanker payudara.

Peningkatan risiko pada wanita pre menopause khususnya ditemukan pada penderita dengan kanker yang menunjukkan reseptor estrogen dan progesteron, kata studi tersebut. Sementara itu, risiko tersebut tidak nampak pada wanita yang sudah menopause.

“Kami harap, esai penelitian ini dapat mengurangi jumlah pasien penderita kanker payudara yang terus merokok.” kata Minami, seperti dikutip dari Timesofindia, Sabtu (27/6/2015).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini