nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Siasati Masakan Berbau Bumbu Mentah

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2015 06:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 07 06 298 1177241 cara-siasati-masakan-berbau-bumbu-mentah-jVxKgzc4TQ.jpg Menumis bumbu (Foto:Justtryandtaste)

MENUMIS bumbu diperlukan agar bumbu mentah bisa matang dan menghasilkan aroma sedap dan rasa yang lezat. Namun, bagaimana jika masakan yang Anda buat memiliki aroma bumbu yang masih mentah?

Menurut Chef Arnold, menumis bumbu haruslah pas. Artinya pas adalah, tidak boleh masih mentah dan tidak boleh terlalu matang. Bumbu yang masih mentah inilah yang akhirnya menyebabkan masakan memiliki bau bumbu mentah dan rasa yang kurang sedap.

Jika bumbu yang dimasak masih mentah namun sudah diberi air atau santan maka akan merusak rasa makanan. “Kalau bumbu belum matang dan sudah keburu dituangi air atau santan maka rasanya akan hancur. Ada cara untuk menyiasatinya yakni dengan kembali menumis bumbu tambahan hingga matang lalu dicampurkan ke dalam masakan,” jelas Chef Arnold kepada Okezone.

Chef Arnold mengatakan, hal ini memang agak sulit mengakalinya, tapi dibandingkan makanan harus terbuang, maka cara menambahkan bumbu lagi bisa menjadi solusi yang ampuh.

“Memang agak susah, tapi caranya seperti itu, jadi rasa bumbu yang mentah akan tertutup dengan bumbu yang matang,” tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini