nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perdebatan Bahaya Klorin di Kalangan Peneliti Dunia

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2015 06:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 07 09 481 1178645 perdebatan-bahaya-klorin-di-kalangan-peneliti-dunia-JitKGtZbK4.jpg Bahaya klorin (Foto: Swimspray)

TAK sedikit peneliti berdebat untuk meluruskan kandungan bahaya zat klorin. Banyak yang mengaitkan bahaya zat ini dapat memicu kanker.

Sebagai contoh, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 1992 di American Journal of Public Health, peneliti menemukan bahwa, orang yang minum air diklorinasi memiliki risiko 21 persen lebih tinggi terkena kanker kandung kemih. Belum lagi risiko 38 persen lebih tinggi terkena kanker dubur, daripada orang-orang yang minum air non klorin.

Sementara itu, dalam studi lain, yang diterbitkan pada tahun 2010 dalam jurnal Environmental Health Perspectives, peneliti menemukan bahwa orang yang berenang di kolam diklorinasi selama 40 menit, memiliki peningkatan biomarker yang terkait dengan risiko kanker.

Namun, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker dan Environmental Protection Agency AS, belum mengklarifikasikan klorin sebagai karsinogen manusia.

Menanggapi hal ini, Profesor Kimia Preston J. MacDougall dari Middle Tennessee State University di Murfreesboro menjelaskan, klorin masih aman dipakai bila tidak melebihi ambang batas.

"Kita tidak perlu takut menggunakan klorin bila tidak melebihi batas aman," kata Preston seperti dikutip Livescience, Kamis (9/7/2015).

Bahkan, tambah Preston, kurangnya klorinasi yang tepat untuk membunuh bakteri berbahaya, seperti E. coli. Ini dapat menghancurkan kondisi seseorang dalam jangka panjang.

Misalnya pada Mei 2000, menurut sebuah laporan dari Departemen Kesehatan Ontario, di Kota Walkerton, tujuh orang tewas dan lebih dari 2.300 jatuh sakit setelah pasokan air kota menjadi terinfeksi E. coli dan bakteri lainnya. Jika kadar klorin yang dibutuhkan telah dipertahankan, bencana bisa dicegah setelah air itu terkontaminasi.

Baca juga bahaya gas klorin pada pembalut, klik di sini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini