Efek Samping Tak Rajin Ganti Pembalut

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2015 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 09 481 1179080 efek-samping-tak-rajin-ganti-pembalut-1s8ZWI6Fvc.jpg Efek samping tak rajin ganti pembalut (Foto: Medicalnewstoday)

SEBAGIAN wanita tidak tahu masalah yang umum terjadi akibat penggunaan pembalut. Apalagi bila Anda tidak rajin mengganti pembalut, tentunya akan berbahaya bagi Miss V.

Dilansir Boldsky, Kamis (9/7/2015), pembalut memiliki kandungan gel selulosa yang dapat menyebabkan infeksi, bila Anda tidak rajin menggantinya. Bahan gel itulah yang memicu kanker serviks yang mengancam wanita, apalagi kalau sudah tercampur darah menstruasi.

Meski banyak merk pembalut terpercaya dan aman, tak menutup kemungkinan juga mengandung dua jenis bahan kimia seperti dioksin dan rayon. Zat tersebut biasa digunakan sebagai pemutih yang bisa memicu racun yang merusak sistem kekebalan tubuh, dan gangguan kesehatan pada alat reproduksi wanita.

Efek samping lain bila Anda tidak mengganti pembalut setiap tiga jam sekali yaitu, dapat menyebabkan benjolan pada daerah Miss V, yang mungkin menyebabkan iritasi dan infeksi lainnya.

Dengan begitu, sebagai seorang wanita haruslah sadar akan pentingnya kebersihan bagian Miss V, terutama di saat Anda menstruasi. Hindari kelembaban di sekitar organ intim, juga penyerapan pembalut Anda kurang maksimal untuk meminimalisir masalah gangguan reproduksi wanita.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini