nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Delapan Bekal Penting Mudik Sehat (1)

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2015 12:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 10 481 1179498 delapan-bekal-penting-mudik-sehat-1-cbUpnRzbJ0.jpg Persiapan mudik sehat (Foto: Telegraph)

KARENA alasan kesehatan, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum Anda melakukan perjalanan mudik. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE menyampaikan ada delapan tips yang bisa jadi bekal bagi para pemudik. Apa saja itu?

Persiapkan kendaraan

Sebelum memulai perjalanan mudik, Anda harus servis kendaraan mobil atau motor yang hendak digunakan. Para pemudik perlu untuk mengganti aki, mengecek kondisi rem, saringan udara dan ban mobil. Termasuk juga bagian lain yang menunjang kenyamanan berkendara.

Fasilitas mudik

Di sepanjang jalur mudik banyak tersedia beragam fasilitas mudik nyaman seperti posko kesehatan, rumah makan atau bahkan penginapan. Bila Anda harus menempuh perjalanan yang sangat jauh, maka harus bermalam di sebuah penginapan.

Ada baiknya jika Anda sudah menentukan di kota mana harus berhenti untuk beristirahat dan menginap, sehingga Anda bisa booking kamar di sebuah tempat penginapan. Pastikan juga Anda tahu alamat pos pelayanan kesehatan, dan rumah makan di sepanjang jalur perjalanan yang Anda lewati.

Packing

Sebelum mudik, siapkan satu tas besar yang berisi pakaian super nyaman sebanyak-banyaknya. Cara ini dilakukan untuk berjaga-jaga siapa tahu selama perjalanan, ada anggota keluarga yang sakit, pakaian terkena tumpahan minuman dan untuk berganti pakaian saat di penginapan.

Masukkan semua pakaian dalam satu tas agar mudah membawanya. Letakkan pakaian anak-anak di bagian atas pada tas yang mudah terjangkau. Sedangkan untuk perlengkapan bayi, letakkan di tas lain.

Bawa obat-obatan

Selama perjalanan mudik jangan lupa untuk membawa obat-obatan yang biasa dikonsumsi keluarga. Yang harus Anda persiapkan antara lain, minyak kayu putih, plester demam, obat luka, plester luka, serta obat-obatan untuk anak-anak, seperti obat flu, demam, batuk, anti mabuk.

Anda pun dapat berkonsultasi mengenai hal ini pada dokter keluarga. Jangan lupa untuk membawa kantung muntah bila ada anggota keluarga yang mabuk perjalanan. Juga amat penting, pengemudi jangan mengonsumsi obat yang dapat menimbulkan rasa kantuk, dan tentu jangan konsumsi alkohol, apalagi narkoba dalam bentuk apapun juga. (Bersambung).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini