nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Delapan Bekal Penting Mudik Sehat (2-Habis)

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2015 14:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 10 481 1179508 delapan-bekal-penting-mudik-sehat-2-habis-WjCq2hKdiy.jpg Persiapan mudik sehat (Foto: Telegraph)

SELAMA perjalanan mudik Anda harus tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh agar tidak sakit setiba di kampung halaman. Lalu bagaimana caranya?

Okezone merangkum delapan bekal penting untuk mendukung mudik sehat, seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, Jumat (10/7/2015).

Bawa makanan sehat

Meski di perjalanan, bukan berarti Anda seenaknya untuk menyantap makanan siap saji yang prakitis dimakan. Sebaiknya bawa beragam jenis makanan sehat, seperti camilan non karbohidrat, sayur atau buah yang simple dibawa agar tidak merepotkan. Usahakan saat perut terasa lapar, cepat-cepat untuk mengisi perut agar tidak kembung.

Jangan malu bertanya

Meskipun Anda sudah sering melakukan perjalanan mudik lewat darat setiap tahun, ada kemungkinan rute jalan di sebuah kota berubah. Banyak jalan pintas untuk menghindari macet selama di perjalanan, dan Anda pun jangan merasa malu untuk bertanya rute jalan, kepada warga sekitar atau kepada pihak pos jaga yang lebih aman dan terpercaya. Jika Anda tidak menemukan pos jaga, datangi saja kantor kepolisian.

Sebaiknya Anda jangan lupa membawa peta mudik yang berisi jalur mudik dan lokasi penting seperti pos polisi dan rumah sakit terdekat. Jika pemudik membawa perangkat komputer tablet atau netbook bisa juga mengakses video streaming cctv mudik, untuk memantau kepadatan arus lalu lintas dan diharapkan pemudik tidak terjebak dalam kemacetan yang parah.

Persiapan fisik dan mental

Sebelum melakukan perjalanan pastikan kondisi tubuh Anda bugar dan tidak sakit. Jaga kesehatan karena itu yang penting, selain itu banyaknya orang yang mudik mengakibatkan perjalanan jadi macet yang kadang membuat pemudik tidak dapat mengontrol emosi karena kelelahan.

Barang bawaan secukupnya

Tradisi pulang kampung rasanya setiap orang ingin membawa oleh-oleh yang banyak untuk keluarga di rumah. Hal ini boleh saja dilakukan, tapi perhatikan seberapa banyak barang bawaan Anda. Jangan sampai terlalu berlebihan dan merepotkan diri sendiri sehingga perjalanan mudik tidak nyaman. Lebih baik Anda membawa kartu ATM berisi uang, lalu beli barang-barang di kampung halaman agar praktis. (Habis)

Berita mudik sehat sebelumnya, klik di sini.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini