Tanda Bahaya Vaginitis Akibat Pembalut Bahaya

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2015 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 10 481 1179553 tanda-bahaya-vaginitis-akibat-pembalut-bahaya-2Qrl71wsDb.jpg Bahaya vaginitis (Foto: Americanpregnancy)

KEBERSIHAN organ intim sering diabaikan oleh sebagian kaum hawa. Seperti tak rajin membersihkan pembalut saat haid. Efek sampingnya, tidak hanya sekedar mengiritasi area Miss V. Bahaya lainnya dalam jangka panjang bisa mengarah ke masalah vaginitis.

Jangan sampai masalah itu terjadi pada Anda. Gejala vaginitis biasanya ditandain dengan rasa gatal dan kemerahan di sekitar vagina, keputihan abnormal dengan bau yang tidak enak, iritasi, hingga saat buang air rasanya seperti terbakar.

Dilansir Timesofindia, Jumat (10/6/215), penyakit vaginitis sangat umum mempengaruhi jutaan wanita setiap tahun. Vaginitis secara medis dijelaskan sebagai iritasi atau juga peradangan pada vagina.

Beberapa wanita mungkin tidak tahu gejala awal dari penyakit itu. Seperti apa kira-kira?

- Keputihan abnormal dengan bau yang tidak menyenangkan.

- Pembakaran dan nyeri saat buang air kecil.

- Gatal sekitar bagian luar vagina.

- Ketidaknyamanan selama hubungan seksual.

- Iritasi

- Pendarahan

Sementara itu, penyakit vaginitis memiliki berbagai penyebab. Ini mungkin hasil dari infeksi bakteri, infeksi jamur, infeksi protozoa, dermatitis kontak atau bahkan reaksi alergi. Hal yang perlu untuk meminimalkan risiko mengembangkan vaginitis yaitu,

- Menjaga kebersihan yang baik dengan menjaga daerah Miss V bersih.

- Hindari pemakaian sabun beralkohol dan semprotan khusus Miss V.

- Anda harus membersihkan Miss V dari bagian depan ke belakang untuk mencegah bakteri di sekitar anus memasuki Miss V atau uretra.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini