nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Menjaga Stamina Selama Perjalanan Mudik

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2015 07:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 11 481 1179955 cara-menjaga-stamina-selama-perjalanan-mudik-iDFMld9Mxm.jpg Jaga stamina selama mudik (Foto: Ilustrasi)

AGAR perjalanan mudik tetap lancar, stamina Anda harus terjaga setiap saat. Caranya yaitu kelola asupan nutrisi makanan yang masuk ke dalam tubuh kita secara tepat.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE mengatakan, selama mudik kita harus memilah makanan yang tepat dikonsumsi beserta asupan vitaminnya. Begini caranya!

“Sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Kalau memang terpaksa beli, pilih tempat makan yang bersih dan higienis,” kata Prof Tjandra lewat pesan singkat yang diterima Okezone, Sabtu (11/7/2015).

Lebih lanjut, Prof Tjandra menegaskan, selama perjalanan mudik hindari mengonsumsi makanan yang terlalu asam ataupun pedas. Ini untuk menghindari gangguan pencernaan selama perjalanan yang sangat mengganggu.

“Jangan lupa makan tepat waktu. Jangan sampai menunda waktu makan. Kalau ingin berpuasa boleh saja bagi yang staminanya kuat,” imbuhnya.

Saat mudik juga jangan menyantap makanan dengan porsi berlebihan. Dikhawatirkan perut Anda kekenyangan dan bisa mabuk darat selama perjalanan.

“Minum air putih yang cukup selama perjalanan juga penting. Jika perlu minum multivitamin dapat saja dilakukan,” jelasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini