nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan Ini untuk Cegah Penyakit Pasca Lebaran

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2015 07:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 14 481 1181919 lakukan-ini-untuk-cegah-penyakit-pasca-lebaran-NITfEj4Wiq.jpg Cara atasi penyakit pasca lebaran (Foto: Chicago)

SELAMA perjalanan mudik sistem kekebalan tubuh kita menurun. Ini membuat seseorang rentan jatuh sakit. Lantas bagaimana cara mencegahnya?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Prasetyo Widhi SpPD, memberi tips sederhana untuk mengatasi penyakit pasca lebaran. Pertama, Anda disarankan rajin cuci tangan saat sebelum makan, di manapun berada.

“Saat berhenti makan di rumah makan atau di mana saja harus membiasakan cuci tangan. Walau sederhana, langkah ini sudah paling ampuh mencegah penyakit pasca mudik,” katanya kepada Okezone di Kantor Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Jakarta, belum lama ini.

Tidak hanya itu, sebelum berangkat ke kampung halaman, Anda tidak boleh mengabaikan waktu istirahat yang ideal. Cara kedua ini dapat mengatasi kantuk dan tetap fit saat mengemudi. 

“Sebenarnya caranya simple kalau mau daya tahan tubuhnya tetap bagus. Istirahat cukup minimal enam jam sebelum berangkat mudik. Kalau terasa capek juga harus istirahat, jangan diforsir,” tutupnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini