nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Hindari Mabuk Selama Perjalanan Mudik

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2015 09:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 14 481 1181981 cara-hindari-mabuk-selama-perjalanan-mudik-vMHCmTySX3.jpg Atasi mabuk selama mudik (Foto: Huffingtonpost)

TAK dapat dipungkiri sebagian pemudik ada yang mengalami mabuk selama di perjalanan. Tentu ada langkah untuk mengatasinya agar hal ini tidak terjadi. Seperti apa?

Mudik merupakan tradisi orang Indonesia untuk menyambut kemenangan Hari Raya Idul Fitri. Sebagian orang rela menghabiskan waktu puluhan jam di jalur mudik, demi menjumpai keluarga di kampung halaman.

Okezone merangkum tiga cara sederhana untuk melawan mabuk perjalanan selama mudik. Ini sesuai rekomendasi yang disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Prasetyo Widhi SpPD, belum lama ini.

Perjalanan malam hari

Pria yang menjabat sebagai Wakil Seketaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyarankan, sebaiknya para pemudik melakukan perjalanan di malam hari. Ini menghindari cuaca panas yang membuat orang lemas dan perjalanan pun menjadi nyaman.

Minum obat anti mabuk

Saat dua atau tiga jam sebelum melakukan perjalanan, para pemudik wajib minum obat anti mabuk. Kalau Anda puasa, obat anti mabuk itu bisa diminum saat buka puasa atau sahur di perjalanan.

Makanan bergizi

Selama mudik seharusnya Anda menghindari konsumsi makanan siap saji. Atau juga Anda jangan terlalu banyak makan nasi dengan lauk pauk yang tidak seimbang. Saat perjalanan, usahakan membawa buah potong yang simple dimakan di sepanjang jalur mudik. Begitu juga saat berhenti di tempat makan, pilih warung atau restoran yang menyediakan menu lengkap makanan bergizi seperti sayur.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini