nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Paksa Mudik jika si Kecil Sakit

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2015 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 07 14 481 1181997 jangan-paksa-mudik-jika-si-kecil-sakit-uysf51i8K1.jpg Jangan paksa mudik jika anak sakit (Foto: Huffingtonpost)

SAAT mudik Anda tentu mengajak semua anggota keluarga di rumah, termasuk anak-anak. Tapi ingat ya, jika kondisi kesehatan si kecil terganggu, jangan sampai Anda tetap memaksa untuk melakukan perjalanan mudik meski sudah terencana.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Prasetyo Widhi SpPD berpesan kepada para orangtua agar selalu memantau kondisi kesehatan semua anggota keluarga, saat sebelum melakukan perjalanan mudik. Terutama ini sangat berlaku bagi anak-anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

“Anak-anak itu pasti gampang sakit kalau menghadapi perjalanan jauh. Apalagi kalau sebelumnya dia sudah sakit dan tetap dipaksa jalan efeknya fatal,” kata dr Prasetyo saat berbincang dengan Okezone di Kantor Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Jakarta, belum lama ini.

Sementara itu, lanjut dr Prasetyo, penyakit yang rentan menyerang anak-anak di saat mudik yaitu infeksi saluran pernapasan (ISPA) dan diare. Ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuhnya yang lemah.

Maka sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan kebutuhan gizi anak-anak tetap tercukupi. Misalnya dengan memberi makan buah, sayur, lauk berprotein tinggi, serta susu yang dapat melindungi dirinya dari bahaya infeksi kuman.

“Pokoknya sebelum mudik pastikan kecukupan gizi yang dibutuhkan anak harus dijaga. Jangan sampai dia sakit dan merepotkan kita,” tutup dia.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini