Share

Ini yang Membuat Ketupat Tahan Lama

Devi Setya Lestari, Okezone · Rabu 15 Juli 2015 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 15 298 1182248 ini-yang-membuat-ketupat-tahan-lama-iePFfH53qA.jpg Ketupat (Foto:Commons)

KETUPAT dipilih masyarakat Indonesia sebagai makanan lebaran, pernahkah Anda perhatikan ketupat bisa tahan selama beberapa hari dan tidak basi? Ini yang membuat ketupat bisa tahan lebih lama.

Ketupat identik dengan bungkus janur atau daun kelapa yang menutupi seluruh bagian isinya. Hal ini ternyata menjadi alasan ketupat bisa bertahan dalam jangka waktu cukup lama sekira dua hingga tiga hari. Pakar kuliner William Wongso mengatakan, ketupat awet karena bagian isinya terlindungi dari bakteri.

“Ketupat itu awet dua hingga tiga hari karena terbungkus kulit janur. Proses pemasakan ketupat membuat bakteri mati dan bentuk ketupat yang tertutup daun janur melindungi ketupat sehingga ketupat bebas dari bakteri di luar,” jelas pria yang akrab disapa Om Will ini kepada Okezone di MNC Tower, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Awetnya ketupat juga ditentukan dari cara penyimpanannya. Ketupat yang disimpan dalam keadaan kering akan jauh bertahan lebih lama dibandingkan ketupat yang lembap atau berair. “Supaya awet, ketupat harus disimpan dengan cara digantung biar kering. Karena kalau lembap, bisa memicu berkembangnya bakteri yang menyebabkan ketupat cepat basi,” tutup William Wongso. (yac)

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini