nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Ini agar Tidak Sakit saat Libur Lebaran

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2015 19:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 15 481 1182549 hindari-ini-agar-tidak-sakit-saat-libur-lebaran-qBivyERzZz.jpg Agar lebaran tak jatuh sakit (Foto: Washingtonpost)

HARI ini adalah hari kerja terakhir sebelum libur hari raya dimulai. Namun, Anda masih sibuk dengan pekerjaan kantor, belum lagi urusan keluarga atau pribadi untuk menyambut lebaran, yang bisa membuat Anda stres.

Stres bisa menjadi alasan Anda sakit saat liburan. Tak hanya itu, pola diet yang tidak terkontrol juga bisa menjadi penyebab satu dari 30 orang menjadi sakit, saat mereka tidak bekerja dan mencoba bersantai saat liburan. Berikut adalah penjelasannya, seperti dilansir dari Dailymail, Rabu (15/7/2015).

Salahkan pekerjaan Anda

Tubuh kita secara konstan menghasilkan hormon stres adrenalin dan kortisol yang mengatur sistem vaskular, kewaspadaan, dan siklus tidur. Hormon tersebut, juga dapat mengurangi respons nyeri, yang menyebabkan keluhan sakit tidak dirasakan, dan juga menekan sistem imun.

"Seminggu sebelum liburan adalah masa yang paling membuat stres. Kadar kortisol dan adrenalin meningkat, sehingga saat rileks, sistem imun kita sangat rendah dan gampang terinfeksi kuman," kata Neil Shah, Direktur Stress Management Society.

Untuk mencegahnya, lakukan perencanaan sebulan sebelumnya sehingga kita tak perlu kerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaan menjelang liburan atau cuti.

Sibuk terhubung intenet

Di Hari Raya Lebaran nanti Anda mungkin susah menjauhkan diri dari internet untuk mengupdate foto dan status tentang kemeriahan hari raya, namun penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ponsel yang berlebihan bisa menyebabkan jantung berdebar lebih kencang, tekanan darah naik, dan juga insomnia.

Makan berlebihan

Penyebab lainnya adalah makan berlebihan. Setelah sebulan berpuasa kita disuguhkan dengan banyak sajian lezat khas lebaran, yang mungkin membuat kita sulit menolak untuk mencicipi sekali dua kali. Intinya, kurangi porsi makan dan konsumsi camilan berlebih yang bisa mengganggu pencernaan.

Diet berlebihan

Karena ingin menghindari tubuh menjadi gemuk saat liburan, jangan sampai Anda membatasi makan secara berlebihan. Diet ketat justru bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Saat bersilaturahim bersama keluarga dan teman di tempat yang berbeda kita akan terpapar banyak kuman. Dengan sistem imun yang lemah, kita akan mudah terinfeksi penyakit.

Dehidrasi

Perjalanan jauh dengan pesawat, kereta, atau mobil bisa membuat kita lupa minum. Dehidrasi bukan hanya berdampak buruk bagi ginjal, tapi juga menaikkan tekanan darah, kram otot, dan sakit kepala.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini