nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agar si Kecil Tak Rewel saat Perjalanan Mudik

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2015 17:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 16 481 1182698 agar-si-kecil-tak-rewel-saat-perjalanan-mudik-cnkWoyCUag.jpg Agar bayi tak rewel saat dibawa mudik (Foto: Huffingtonpost)

SETIBA di kampung halaman, ada kemungkinan balita Anda menjadi rewel akibat menempuh perjalanan mudik selama berjam-jam. Tenang, ada trik agar si kecil tidak mengalami hal yang merepotkan itu.

Dokter Spesialis Anak dr Utami Roesli SpA, MBA, IBCLC, FABM memberi trik yang mudah dilakukan para ibu agar si kecil tidak rewel setiba di tempat tujuan. Begini caranya!

Tetap beri ASI

Bila balita Anda masih berusia di bawah dua tahun dan masih membutuhkan ASI, sang ibu tidak boleh putus memberi ASI pada momen seperti apapun. Secara psikologis, ASI dapat memberi ketenangan kepada si kecil di manapun ia berada.

“Saat menyusui, ibu dan balitanya terjadi kontak skin to skin. Cara itu melibatkan bonding di antara mereka,” kata wanita yang akrab disapa dr Utami.

Menidurkan si kecil

Langkah selanjutnya, saat si kecil sudah mengantuk berat sebaiknya jangan diabaikan dan membiarkan mereka rewel. Usai melewati perjalanan mudik, balita pasti butuh beradaptasi dan tidur dengan tenang di dekapan sang ibu kapanpun itu.

Pijat

Orang dewasa saja usai melakukan perjalanan jauh tubuhnya terasa pegal-pegal dan tidak nyaman. Masalah itu juga berlaku bagi balita yang belum bisa mengeluh sepenuhnya. Maka untuk menghindari rewel, coba sang ibu jangan ragu untuk memijat si kecil sendiri dengan perlahan-lahan, agar mereka tetap nyaman dan ceria bermain bersama saudaranya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini