Cara Belah Kelapa Pakai Palu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2015 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 22 298 1183889 cara-belah-kelapa-pakai-palu-AlUt7hYD0S.jpg Membelah kelapa menggunakan palu (Foto: Wikihow)

KELAPA merupakan satu jenis buah yang kerap digunakan dalam membuat masakan maupun minuman. Daging buah kelapa yang segar tentu saja didapatkan dari kelapa yang baru dikeluarkan dari tempurungnya.

Membelah kelapa memang terlihat sulit karena memerlukan keahlian khusus, jika tidak maka berbahaya. Selain pisau besar atau kapak, membelah kelapa juga bisa menggunakan bantuan sebuah palu. Dilansir dari WikiHow, Rabu (22/7/2015), membelah kelapa menggunakan palu ternyata lebih mudah jika dibandingkan menggunakan pisau besar.

Cara pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan air kelapa dengan cara menusuk satu mata kelapa menggunakan tusuk sate logam. Selanjutnya masukkan kelapa ke dalam oven bersuhu 93 derajat Celsius selama 15 menit. Jika menggunakan oven terasa repot, maka bisa juga membekukan kelapa selama 15 menit dalam freezer. Langkah ini dilakukan untuk melunakkan tempurung dari bagian dalam daging kelapa.

Selanjutnya Anda harus memegang kelapa dengan satu tangan dan sebuah palu di tangan lain. ketukkan kelapa di sekitar garis lingkarnya sambil diputar perlahan. Lakukan langkah ini hingga kelapa terbelah menjadi dua bagian.

Jika kelapa sudah terbelah, maka saatnya Anda mengeluarkan daging kelapa. Cungkil sedikit bagian daging kelapa dan tarik keluar. Proses memanggang atau membekukan kelapa membuat dagingnya mudah untuk dipisahkan dari tempurung.

Kelapa yang bisa dibelah dengan teknik ini adalah kelapa dengan usia kematangan sedang atau tua, kelapa yang masih muda akan sulit dipisahkan dari tempurungnya.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini