Lima Kebaikan Santan Kelapa untuk Tubuh

Agregasi Majalah Popular, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2015 20:18 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 22 481 1184091 lima-kebaikan-santan-kelapa-untuk-tubuh-CiwDRI30z1.jpg Ada kebaikan santan kelapa untuk tubuh (Foto: Popular)

JANGAN pernah menghindari hidangan yang mengandung santan, karena manfaatnya untuk tubuh ternyata banyak. Apa saja?

Siapa yang tak kenal dengan buah kelapa? Buah yang identik dengan nuansa pantai ini memang sangat enak untuk dimakan, apalagi jika kelapa tersebut muda. Pasti kebayang bagaimana segarnya.

Tapi siapa sangka, buah dengan kulit keras ini nyatanya memiliki banyak manfaat. Salah satu hasil olahan kelapa yang banyak memberi manfaat adalah santan.

Coba ingat ada berapa hidangan menu Lebaran kemarin yang mengandung santan? Kalau selama ini selalu dikaitkan dengan kolestrol, kali ini mari kita lihat manfaat lain santan. Karena ternyata, santan juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Nah, berikut beberapa manfaat santan untuk kesehatan.

Kaya akan nutrisi

Dalam santan ternyata kaya sekali akan kandungan vitamin, mineral serta elektrolit, termasuk juga di dalamnya kalsium dan klorida, sehingga baik untuk stamina tubuh.

Lemak jenuh

Nah, ini untuk yang mau berdiet. Tak masalah ternyata mengonsumsi santan kelapa. Walau tinggi lemak jenuh, nyatanya santan dapat membantu menurunkan berat badan. Karena lemak jenuh dalam santan kelapa terdiri dari asam lemak rantai pendek yang dengan cepat diubah tubuh menjadi energi, jadi tak menimbun lemak.

Asam laurat

Santan ternyata bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setengah dari rantai medium lemak jenuh santan terdiri dari asam laurat, di mana asam ini mengandung anti-virus, anti-bakteri, anti-mikroba dan anti-jamur.

Bebas produk susu

Untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi susu, santan bisa menjadi alternatif yang ideal. Selain itu, santan juga bebas dari kandungan gluten dan bebas kacang.

Perawatan kulit

Tak hanya bermanfaat untuk tubuh bagian dalam. Ternyata, santan juga bagus untuk merawat kulit tubuh Anda. Kandungan minyak dalam santan dapat melembapkan kulit, mengurangi kulit kering/kusam, ruam (bercak merah) pada kulit, serta baik untuk melembutkan helai-helai rambut Anda.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini