Share

Tips Memilih Kentang Berkualitas Bagus

Devi Setya Lestari, Okezone · Jum'at 24 Juli 2015 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 24 298 1185085 tips-memilih-kentang-berkualitas-bagus-T4nMjftiNe.jpg Kentang (Foto:Potatoes)

SEBELUM mengolah kentang, sebaiknya pilih kentang yang berkualitas bagus karena masakan akan menjadi lezat jika bahannya memiliki kualitas nomor satu. Simak tipsnya.

Sebagai sumber karbohidrat, kentang banyak diolah sebagai pengganti nasi, namun tak jarang orang kerap menambahkan kentang pada masakan seperti sup.

Sebelum membeli kentang sebaiknya perhatikan permukaan kulit kentang terlebih dahulu, pilih kentang dengan kulit yang bersih dan hanya terdapat sedikit bintik kecoklatan.

Kentang yang berusia tua akan menghasilkan tekstur yang semakin empuk jika diolah menjadi masakan, namun kentang berusia sedang kadang menjadi pilihan masyarakat karena teksturnya yang masih padat.

Yang harus dihindari adalah, membeli kentang yang sudah terlihat berwarna hijau kebiruan karena kentang seperti ini mengandung alkaloid, yakni zat beracun yang berbahaya jika tetap dikonsumsi. Hindari juga membeli kentang yang sudah terlihat bertunas karena kentang seperti ini menandakan usianya sudah sangat tua.

Jika Anda membeli kentang yang sudah dikemas dalam kantong plastik, segeralah buka kemasan dan periksa apakah ada kentang yang membusuk. Kalau mendapati kentang yang telah membusuk, segeralah pisahkan dari kentang segar karena hal ini akan menyebabkan kentang segar lebih cepat membusuk. Demikian seperti dilansir HowStuffWorks, Jumat (24/7/2015).

(ndr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini