Peran Ayah pada Bayi 0-6 Bulan

Ariesta Asri, Jurnalis · Senin 27 Juli 2015 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 27 196 1185946 peran-ayah-pada-bayi-0-6-bulan-ilR8lcKfUB.jpg Peran ayah pada Bayi 0-6 bulan (Foto: Helpme2parent)
TUMBUH kembang anak yang optimal memerlukan keterlibatan dan peran seorang ayah. Bahkan, ayah harus terlibat merawat anak sejak masa kelahiran.
 
"Menjadi sosok ayah luar biasa yang turut serta dalam menjaga dan merawat sejak anak bayi akan memberikan dampak berbeda dibandingkan dengan ayah yang sibuk dan jarang menyentuh anak.
 

Khususnya pada 0-6 bulan pertama, bayi yang kerap mendapatkan perawatan dari ayah terbukti memiliki perkembangan motorik yang lebih baik," ungkap Anne Gracia, praktisi Neurosains Terapan yang menjadi narasumber dalam penutupan Unilever Daycare 2015 belum lama ini, di Jakarta.

Lebih lanjut, Anne menjelaskan, ayah dapat melakukan stimulasi untuk merangsang kecerdasan anak. Stimulasi tersebut antara lain dengan melakukan kombinasi tekanan, gerak, dan energi. Hal ini dapat dilakukan ayah dengan memandikan dan memijat sang buah hati.

Memandikan bayi akan menstimulasi sistem keseimbangan yang bermanfaat untuk membantunya agar cepat berjalan dan bersosialisasi. Sedangkan pijat bayi yang dilakukan ayah dapat memberikan manfaat sensomotor yang berguna untuk kemajuan proses belajar anak kelak.

Selain itu, dua kegiatan ini juga bisa menjadi momen ceria dan menyenangkan antara ayah dan anak yang tentu saja dapat meningkatkan kedekatan emosional.

"Sentuhan dan kontak mata yang terjadi selama proses pijat bayi membantu bayi mengenal pemijatnya (ayah) dengan baik. Ikatan yang terbangun menjadi dasar bagi hubungan ayah dan anak sampai anak dewasa," pungkas Anne.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini