Berat Badan Bisa Berkurang dengan Diet Ini

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 27 Juli 2015 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 27 481 1186074 berat-badan-bisa-berkurang-dengan-diet-ini-79F5SEFGfP.jpg Ilustrasi diet (Foto: Qfnu)

SIAPA yang tak ingin punya bentuk dan berat tubuh ideal? Pria, wanita, tua, atau muda, semua orang pasti menginginkannya. Percayalah, berat badan bisa berkurang dengan diet berpuasa.

Tahukah Anda dengan mengurangi asupan makanan Anda selama dua hari dalam sepekan adalah cara terbaik untuk mencapai berat badan yang ideal. Diet dengan berpuasa bisa dikatakan sangat sederhana.

Hanya memilih waktu yang tepat dua hari dalam sepekan dan memangkas asupan kalori. Diet ini juga tidak terbilang ekstrem lantaran tidak perlu memangkas kebiasaan menyantap makanan favorit.

Seperti dikatakan Dr Michael Mosley, sebagaimana dikutip Thedailymail, Senin (27/7/2015). Berikut ini beberapa fakta yang paling sering ketika sedang melakukan diet atau program penurunan berat badan.

Haruskah berpuasa?

Sebenarnya ini adalah langkah yang bisa dikatakan cukup baik untuk program penurunan berat badan. Hari yang tepat adalah hari Senin yang merupakan awal Minggu baru setelah Anda memanjakan diri dengan mengonsumsi banyak kalori di akhir pekan.

Kemudian jika memilih hari Rabu atau Kamis untuk berpuasa, sebenarnya hal ini bisa jadi lebih fleksibel. Anda bisa memilih waktu yang tidak sama setiap pekannya. Kendati demikian, jangan memaksakan diri untuk berpuasa ketika sedang tidak sehat. Anda masih bisa mencoba di hari lainnya.

Kapan waktu yang tepat untuk makan?

Cari jadwal yang cocok untuk anda. Anda bisa memilih untuk berpuasa hingga saatnya tiba, Anda bisa mengonsumsi 500 atau 600 kalori saat makan malam.

Beberapa orang lebih suka makan saat sarapan (sahur) dan kemudian menghindari makanan untuk berpuasa sekira 12 jam sampai tiba waktu makan malam.

Memilih dua hari setiap minggu ketika Anda akan berkomitmen untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 500 kalori atau 600 kalori merupakan langkah yang tepat. Selain hari itu, Anda bisa bebas makan dan minum seperti biasa.

Haruskah berpuasa dalam waktu berturut-turut?

Setelah dua hari berturut-turut Anda mungkin merasa bosan. Anda bisa memilih waktu yang tepat sesuai dengan mood Anda. Coba aplikasikan pola makan 4:3, yakni empat hari makan normal dan tiga hari mengurangi kalori. Cara ini bisa Anda lakukan sekira 3 bulan.

Minuman yang tepat?

Minum banyak air putih sebenarnya sangat dianjurkan. Pasalnya minum air putih itu bebas kalori dan lebih sehat. Jika ingin menu berkuah hangat, Anda bisa mencoba sup miso atau kaldu sayuran yang merupakan makanan rendah kalori. Cokelat hangat rendah kalori di bawah 40 kalori juga bisa dikonsumsi sebelum tidur, jika Anda mengalami gangguan tidur.

Kopi juga tidak jadi pantangan dalam diet. Asalkan Anda mengonsumsinya seperti teh tanpa gula. Sedikit susu dan pemanis rendah kalori juga bisa jadi pilihan minuman tepat. Jangan percaya akan minuman soda khusus diet. Pasalnya minuman ini cenderung memicu makan lebih banyak. Begitu juga sebisa mungkin hindari minuman beralkohol.

Camilan yang tepat

Lebih baik hindari biskuit dan aneka macam keripik. Pasalnya kebanyakan makanan ini mengandung banyak kalori dan dapat menggagalkan diet puasa Anda. Disarankan konsumsi makanan yang tercantum bahwa makanan tersebut rendah gula dan rendah kalori.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini