Share

Empat Langkah Jitu Membuat Lasagna Lezat

Dinno Baskoro, Okezone · Rabu 29 Juli 2015 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 29 298 1187168 empat-langkah-jitu-membuat-lasagna-lezat-atYyBEXgNg.jpg Memanggang lasagna (Foto: Cooklikeacavewoman)

MEMBUAT sajian khas Italia seperti lasagna bukanlah hal mudah. Ada beberapa tahap yang perlu diperhatikan agar cita rasa lasagna tetap nikmat.

Simak ulasan empat langkah jitu membuat lasagna lezat berikut ini, sebagaimana dilansir Dellallo, Rabu (29/7/2015).

Merebus pasta

Merebus pasta lasagna hingga matang dapat mencegah pastanya lengket dan menempel satu sama lain. Pastikan Anda merebusnya dengan sesekali membalik pasta lasagna agar lebih matang merata.

Setelah direbus, sisihkan dan dinginkan pastanya sejenak dengan mencelupkannya ke dalam air es. Hal ini berfungsi agar pastanya tidak terlalu lembek ketika dipanggang kembali.

Pasta tidak direbus

Ketika menggunakan pasta yang tak direbus, lebih baik gunakan sedikit saus. Pasalnya, pasta lasagna yang tidak direbus, ketika dipanggang akan menyerap lebih banyak kelembapan dan membuatnya kering. Kendati demikian, agar teksturnya tidak terlalu kering, rebus pasta setengah matang atau sekira 3 menit bisa jadi langkah jitu membuat pasta kering yang nikmat.

Cara melapisi lasagna

Lasagna memiliki begitu banyak kombinasi seperti saus, keju, daging dan bahan lainnya. Sebelum membuat lapisan lasagna dalam loyang, disarankan untuk menggunakan wadah tahan panas yang terbuat dari kaca atau alumunium foil. Kemudian beri beberapa olesan mentega sebelum dilapisi dengan saus dan lasagna agar tidak lengket saat dipanggang.

Memanggang lasagna

Sebelum Anda memanggangnya, tutupi bagian atas dengan selembar alumunium foil saat 15 menit terakhir. Sebelum itu masukkan topping keju dan topping lainnya di waktu ini agar tidak gosong dan keju tetap meleleh. Setelah lasagna matang, jangan langsung dipotong. Diamkan dahulu selama 15-20 menit agar teksturnya tidak terlalu berantakan saat dipotong.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini