Perawatan Spa Berpotensi Jadi Produk Budaya Indonesia

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2015 14:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 30 194 1187881 perawatan-spa-jadi-potensi-produk-budaya-indonesia-VITntVZZDj.jpg Ilustrasi spa Bali (Foto: Balinicetrip)

SPA merupakan salah satu perawatan kecantikan yang kini telah menjadi potensi produk budaya tradisional Indonesia. Perawatan kecantikan ini tidak hanya terkenal di kalangan Indonesia, tetapi juga hingga ke mancanegara.

"Spa termasuk potensi heritage yang dapat menjadi tren yang terus meningkat. Tentunya kita perlu mengenalkan spa khas Indonesia melalui promosi serta bekerja sama dengan pihak terkait, seperti dengan teman-teman di negara Asia lainnya, serta Kementerian Kesehatan agar tahu bagaimana standar dan regulasi, khususnya untuk spa," jelas Madam Esty Reko Astuti, selaku Deputi Minister Pengembangan Pemasaran Wisatawan Domestik Kementerian Pariwisata Indonesia seusai pembukaan acara Beauty Professional Indonesia 2015 di Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (30/7/2015).

Sebagai orang Indonesia, tentunya patut berbangga karena spa Indonesia terkenal dengan bahan-bahan khas serta tekniknya yang tradisional.

"Indonesia kaya akan bahan-bahan dan teknik tradisionalnya, seperti ada spa dengan bahan khas dari Betawi, Batak, Jawa, Bugis. Itu merupakan suatu karakter yang tidak dimiliki oleh spa di negara asing," tambahnya lagi.

Tentunya, setiap jenis spa baik yang ada di Indonesia dan di luar negeri memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kendati demikian, masyarakat Indonesia perlu mengembangkan dan melestarikan spa tradisional yang telah menjadi produk budaya ini.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini