Jenis-Jenis Spa Ini Belum Banyak Diketahui

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2015 18:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 30 194 1188045 jenis-jenis-spa-ini-belum-banyak-diketahui-nUWQPHpk42.jpg Ilustrasi spa (Foto: Yspa)

SPA telah menjadi bagian dari perawatan kecantikan dan kebugaran tubuh wanita. Spa yang dilakukan di Indonesia hampir sama dengan yang ada di luar negeri. Hanya saja, terdapat perbedaan pada rempah-rempah, uap, dan teknik penggunaannya.

Kini, spa Indonesia mulai mengalami perkembangan, tidak hanya lulur Jawa. Tetapi, ada delapan jenis spa tradisional lainnya.

"Selama ini kita mengenalnya hanya lulur Jawa atau Boreh Bali, padahal ternyata di Indonesia ada banyak sekali tradisi yang belum digali," jelas Yulia Himawati, Direktur Essentia Spa Academy, saat mengisi acara Beauty Professional Indonesia di kawasan Senayan, Kamis (30/7/2015).

Jenis-jenis spa tradisional Indonesia lainnya yang belum dikenal orang, antara lain Oukup Medan, Batangeh Minang, So'oso Madura, Batimung Banjar Kalimantan, Bakera Minahasa, dan Bedda Lottong Bugis.

"Perawatan tradisional tersebut dilakukan dari mulai seorang wanita pra wedding, hamil, hingga setelah ia melahirkan," imbuhnya lagi.

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini