nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ciuman Tingkatkan Risiko Kanker seperti Rokok

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2015 10:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 07 30 481 1187719 ciuman-meningkatkan-risiko-kanker-seperti-rokok-5h0UMgMIj1.jpg Berciuman bisa tebarkan virus HPV (Foto: Loveletterdaily)

BUDAYA berciuman diklaim telah menyusul kebiasaan merokok dan minum alkohol sebagai faktor risiko yang dapat mengembangkan kanker kepala dan leher.

French kiss yang lembut pun dianggap dapat menularkan virus papiloma manusia (HPV) yang dapat bertanggung jawab pada 70 persen kasus kanker kepala dan leher, kata Kepala Maksilofasial dan Bedah Kepala dan Leher Rumah Sakit Royal Darwin, Dr Mahiban Thomas.

Dr Thomas mengatakan kepada Daily Mail Australia, jika Anda terinfeksi oleh HPV di orofaring, risiko Anda terkena kanker kepala dan leher 250 kali lebih tinggi dari mereka yang terbebas dari virus tersebut. Sementara HPV sering dikaitkan dengan kanker serviks, ini juga dapat mengancam pria.

Ada lebih dari 100 jenis virus HPV, tetapi hanya sekira delapan strain HPV yang berisiko tinggi dapat menyebabkan kanker pada orofaring. Studi menunjukkan, HPV oral dapat ditularkan saat seks oral atau gaya ciuman dengan mulut terbuka atau french kiss.

Sekira tujuh persen orang mendapat HPV oral, tetapi hanya satu persen yang memiliki HPV jenis oral tersebut yang ditemukan pada kanker orofaringeal. Dr Thomas mengatakan, studi terbaru bahkan mengatakan 'petting' yang dilakukan tanpa interaksi seksual pun bisa mentransfer HPV.

"Jika Anda melihat angka yang keluar dari AS, 70 persen kanker kepala dan leher disebabkan HPV. Jika Anda memiliki (HPV) infeksi, Anda memiliki 250 kali kesempatan mengembangkan kanker seseorang yang tidak memiliki HPV," kata Dr Thomas.

Dia menambahkan bahwa risiko tertular virus HPV meningkat dengan jumlah pasangan yang pernah Anda ajak berciuman dengan gaya french kiss, dan orang-orang meremehkan risiko yang terkait dengan seks oral.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini