nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab ASI Berkurang

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2015 20:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 02 481 1189302 penyebab-asi-berkurang-tAMFjvqY0A.jpg Penyebab ASI berkurang (Foto: Shutterstock)

ASI penting bagi ibu menyusui. Jika pasokan ASI Anda tiba-tiba berkurang tanpa alasan yang jelas, kondisi itu perlu Anda khawatirkan.

Para ahli menyarankan Anda untuk menyusui bayi Anda selama minimal 6 bulan setelah kelahiran. Jadi jika pasokan ASI Anda tiba-tiba menurun, bayi Anda bisa kelaparan jika pasokan ASI tidak mencukupi kebutuhannya dan mungkin dirugikan secara tidak langsung.

Jadi, Anda harus berhati-hati terhadap pasokan ASI Anda menurun. Beberapa kemungkinan dari menurunnya produksi ASI bisa dijelaskan seperti daftar berikut yang dilansir dari Boldsky, Minggu (2/8/2015).

Kekurangan kalsium

Kurangnya mineral kalsium dalam tubuh adalah salah satu alasan yang menyebabkan kekeringan dalam produksi ASI. Jika ini tidak diatasi segera, ibu tidak bisa memberi makan bayi sementara karena kalsium adalah komponen utama dalam ASI.

Tidak konsisten dalam menyusui

Masalah ini dapat dialami oleh wanita karier. Jika ibu jarang menyusui bayi di masa menyusui, produksi ASI dapat mengering. Oleh karena itu, ibu harus dapat tetap menyusui bayi minimal dua jam sekali atau menstimulasi produksi ASI dengan rutin memompa ASI saat meninggalkan bayi.

Pil KB

Salah satu efek samping dari penggunaan pil KB adalah menurunkan produksi ASI. Jika Anda mengikuti nasihat bidan Anda dengan baik, pemakaian pil KB saat menyusui tentu tidak akan disarankan.

Jika memang sudah terlanjur, Anda harus segera menghentikan atau mencari alternatif lain untuk mencegah kehamilan.

Mastitis

Saat ASI berkoagulasi dan membentuk gumpalan, ini dapat mengindikasikan ibu terkena mastitis. Mastitis biasanya terjadi karena kegiatan menyusui yang tidak konsisten. Bila mastitis disebabkan oleh infeksi, ibu akan disarankan untuk menghentikan kegiatan menyusui.

Stres

Hormon stres adalah musuh terburuk bagi ibu menyusui. Salah satu akibatnya adalah mengurangi produksi susu sebagai akibat dari hormon stres yang mengganggu keseimbangan hormonal.

(jjs)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini