Cara Kenalkan Makanan Padat pada Bayi

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2015 05:57 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 04 481 1190053 cara-kenalkan-makanan-padat-pada-bayi-Eo87tSsGtY.jpg Kenalkan makanan padat bayi (Foto: Boldsky)

LEPAS ASI eksklusif bayi Anda sudah seharusnya mengenal makanan padat yang menjadi tambahan nutrisinya. Lalu bagaimana caranya?

Okezone merangkum enam tips mudah untuk mengenalkan makanan padat pada bayi, sebagaimana dikutip Boldsky, Selasa (4/8/2015).

Pada usia tujuh bulan

Setelah berhenti mendapat ASI eksklusif, segeralah Anda mengenalkan makanan padat pada bayi. Karena itu mereka sudah membutuhkan nutrisi yang sama seperti anak-anak.

Tandanya bayi siap makan

Bila bayi Anda sudah siap menerima makanan padat, tanda-tandanya bayi Anda sudah bisa duduk sendiri, kontrol kepala yang baik, bayi Anda membungkuk ke depan ketika ada makanan di sekitar, sudah bisa menjangkau makanana, hingga mau membuka mulut ketika ada makanan yang ditawarkan kepadanya.

Risiko beri makanan pada terlalu dini

Jika Anda mengenalkan makanan pada sebelum usia enam bulan risikonya makanan itu tidak bisa dicerna. Selain itu juga menyebabkan gangguan tumbuh kembang pada bayi, terutama perihal gizi dan nutrisi yang mereka butuhkan sesuai usianya.

Jangan kenalkan makan padat terlambat pada bayi

Jika Anda mengenalkan makanan padat pada bayi terlalu terlambat bisa menyebabkan tumbuh kembangnya terganggu. Pasalnya, ASI tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi pertumbuhan bayi Anda dan juga risikonya bayi Anda mengalami anemia akibat kekurangan zat besi, protein dan kekurangan nutrisi lainnya.

Tanda bayi Anda tidak tertarik

Kadang-kadang Anda memaksa memberi makanan padat pada bayi setelah enam bulan, tapi mereka tidak tertarik. Bagaimana tanda-tandanya? Coba perhatikan, jika bayi Anda menutup mulutnya rapat-rapat, kepalanya bergerak menjauh, hingga mulai menangis bisa jadi bayi Anda tidak tertarik dengan makanan yang diberikan dan orangtua harus peka dengan hal ini.

Hancurkan makanan

Bayi Anda belum bisa mengunyah sampai halus meski sudah harus mengenal makanan padat. Untuk itu, jangan lupa menghaluskan makanan secara manual atau menggunakan blender, seperti halnya buah, sayur atau ikan yang baik untuk si bayi.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini