Share

Lidah Buaya, Obat Herbal untuk Atasi Sembelit

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2015 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 04 481 1190063 lidah-buaya-obat-herbal-untuk-atasi-sembelit-IuVPLLM5nq.jpg Lidah buaya untuk atasi sembelit (Foto: Mnn)

SEJAK zaman kuno, manusia telah menggunakan tanaman untuk menyembuhkan diri sendiri. Hari ini, penggunaan tanaman untuk mengobati berbagai penyakit telah tersebar luas di sebagian besar budaya, dan bisa jadi mereka ada di kebun pribadi atau dekat tempat tinggal Anda.

Lidah buaya, contohnya, bisa Anda konsumsi saat Anda sembelit. Selain itu, baca informasi berikut tentang khasiat tanaman yang mungkin Anda anggap rumput liar sebelumnya, seperti dikutip dari laman MNN, Selasa (4/8/2015).

Dandelion

Gulma yang dibenci ini bersifat diuretik atau menstimulasi pengeluaran urin. Beberapa orang menggunakannya untuk mengobati eksim, sementara yang lain mengonsumsinya untuk meringankan arthritis hingga gangguan usus. Daunnya juga diduga dapat menjaga kadar gula darah.

Rosemary

Tanaman asli wilayah Mediterania ini, merupakan bagian dari keluarga mint Lamiaceae. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa, asam carnosic di rosemary dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Minyak di bunga ini juga bersifat antibakteri dan anti-jamur dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak yang baik untuk kemampuan mengingat.

Lavender

Sementara lavender dikenal karena aromanya, tanaman ini juga memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik. Di Yunani kuno, Roma, dan Timur Tengah, lavender digunakan sebagai antiseptik. Selama bertahun-tahun, ini digunakan untuk mengobati kecemasan, migrain, insomnia, dan depresi.

Lidah buaya

Jel bening dari tanaman lidah buaya digunakan selama berabad-abad untuk mengobati luka bakar, luka terpotong, dan infeksi kulit. Para ahli mencatat bahwa hal lidah buaya memiliki sifat untuk mengurangi peradangan kulit.

Lidah buaya juga dapat membantu meringankan sembelit. Seperti yang ditunjukkan Mayo Clinic bahwa daun tanaman ini secara tradisional telah digunakan sebagai obat pencahar. Beberapa juga menggunakannya untuk mengobati sakit maag dan sindrom iritasi usus besar.

Lemon thyme

Daun ini telah digunakan sebagai bantuan pencernaan untuk anak-anak dengan masalah perut. Ia juga bekerja sebagai antibiotik dan telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati luka. Ini juga telah digunakan sebagai anti-jamur terhadap masalah kuku.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini