Cara Alternatif dan Alami Atasi Nyeri Sinus

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2015 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 04 481 1190241 cara-alternatif-dan-alami-atasi-nyeri-sinus-A27btLJXYM.jpg Cara alami atasi nyeri sinus (Foto: Webmd)

MULAI dari teknik irigasi nasal hingga enzim dalam buah nanas, telah digunakan untuk membantu meringankan penderitaan akibat sinus. Sementara masalah sinus bisa dipicu kapan saja oleh berbagai gangguan pernapasan.

Sebuah studi 2012 di Journal of American Medical Association menemukan bahwa ketika orang dewasa dengan sinusitis diberikan amoksilin atau plasebo untuk 10 hari, dua kelompok pasien dengan terapi tersebut merasa lebih baik pada hari ketiga.

Penemuan tersebut pun menimbulkan pertanyaan, apakah zat kimia dalam obat untuk mengatasi sinus tidak akan berefek samping bila dikonsumsi dalam waktu lama? Seperti yang dilansir dari Healthcareasia, Selasa (4/8/2015) berikut cara alternatif selain obat untuk mengatasi nyeri sinus.

Irigasi nasal

Bila Anda menderita sinusitis dokter biasanya akan meresepkan obat salin atau larutan garam untuk irigasi nasal atau mencuci hidung. Ini dapat membantu mengeluarkan lendir yang mengental dan tersumbat di ruang sinus, dan membersihkan alergen penyebab sinus tersumbat.

Anda bisa membuatnya sendiri dengan botol semprot atau neti pot yang bisa didapatkan di apotek. Anda bisa membeli cairan isi ulang atau membuat larutan garam sendiri, namun harus dengan bahan yang bersih dan takaran yang tepat.

Saat menggunakan, condongkan badan dan miringkan kepala di atas wastafel. Bernapas dengan mulut, jangan melalui hidung. Tuangkan larutan ke dalam salah satu lubang hidung dan biarkan larutan mengalir turun melalui saluran hidung. Lakukan yang sama pada lubang hidung yang lain.

Penguapan

Uap dapat membantu melembabkan sinus dan mengeluarkan kotoran yang mengisi rongga sinus. Mandi dengan air panas atau mengisi mangkuk besar dengan air panas, bisa Anda lakukan selama 10 menit, dua sampai empat kali sehari, untuk meringankan penyumbatan sinus.

Obat-obatan herbal

The American Academy of Otolaryngology mencatat bahwa tabib China menggunakan bunga magnolia sebagai obat untuk penyumbatan sinus dan hidung. Ini sama seperti bunga angelica, mint, dan krisan yang sering direkomendasikan untuk infeksi saluran pernafasan atas dan sakit kepala karena sinus, meski efektivitasnya belum dikonfirmasi secara ilmiah.

Minum cukup

Aturan nomor satu ketika Anda sakit adalah banyak minum air putih. Hal yang sama berlaku ketika Anda memiliki masalah sinus. Mayo Clinic mengatakan cara tersebut, akan membantu mencairkan sekresi mukosa dan membantu mengeluarkannya.

Mereka juga mengingatkan untuk menghindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol, karena mereka dapat membuat tubuh dehidrasi. Selain itu, minum alkohol juga dapat memperburuk pembengkakan selaput sinus dan hidung.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini