nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Jenis-Jenis Pengobatan Alternatif

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2015 18:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 04 481 1190491 mengenal-jenis-jenis-pengobatan-alternatif-HPtXiwXy8p.jpg Mengenal jenis akupuntur (Foto: Kurachine)

SAAT berbicara tentang metode pengobatan seperti operasi, tentu banyak bersebrangan dengan herbal atau akupuntur. Namun seiring perkembangan zaman, pengobatan keduanya bisa menguntungkan.

Kombinasi ini memiliki beberapa istilah, seperti pengobatan komplementer, alternatif, holistik, atau obat fungsional. Tapi banyak ahli yang lebih memilih pengobatan integratif, karena kombinasi tersebut digunakan untuk mendukung usaha penyembuhan secara maksimal.

Namun, memang tidak semua penyakit dapat disembuhkan melalui kombinasi tersebut. Tidak mudah juga bagi kita mengetahui pengobatan alternatif yang efektif, atau ahli integratif yang sah. Berikut ini beberapa bentuk pengobatan alternatif (Herbal) seperti dilansir dari Womenshealth, Selasa (4/8/2015).

Akupunktur

Praktek mengobati orang dengan jarum kecil ini telah ada selama ribuan tahun. Ilmu pengetahuan modern mengatakan pengobatan itu bekerja dengan sangat baik. Studi mendukung efektivitas akupunktur untuk mengurangi masalah kesehatan, mulai dari sakit kepala, sakit punggung, infertilitas, kecemasan, dan stres pasca-trauma.

Dalam tradisi China, akupunktur dikatakan membantu mengatur chi, suatu bentuk energi yang beredar melalui tubuh, yang bila terganggu akan menyebabkan gejala penyakit. Titik akupunktur bisa terletak di sepanjang saluran jaringan ikat tubuh, di mana darah, saraf, dan pembuluh getah bening berkumpul.

Akupunktur biasanya melibatkan serangkaian perawatan selama beberapa bulan dan sering diresepkan sebagai tambahan dari obat yang diberikan oleh dokter tradisional.

Meditasi

Meditasi telah menjadi alat medis yang banyak dipuji dan merupakan salah satu terapi pikiran fisik. Ini dapat mengurangi aktivitas daerah otak yang memproses rasa sakit, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi depresi yang bahkan tidak bisa diatasi obat-obatan barat paling maju.

Sementara meditasi saja tidak akan menyembuhkan pilek, meditasi bisa menurunkan tingkat stres yang juga menjadi faktor kunci dalam memerangi penyakit utama. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa meditasi dapat meningkatkan kepadatan materi abu-abu di daerah yang digunakan untuk belajar dan mengingat.

Hipnosis

Hipnosis lebih seperti keadaan konsentrasi dan penyerapan pikiran ke alam bawah sadar. Hipnosis dapat menstabilkan tekanan darah, dan untuk alasan yang tidak jelas mengubah aktivitas saraf dan otak sehingga sinyal rasa sakit tidak menghasilkan rasa sakit secara keseluruhan.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa hipnosis yang dilakukan selama operasi rawat jalan dapat mengurangi kebutuhan untuk obat-obatan nyeri dan mengurangi komplikasi. Ini juga efektif untuk kecanduan (merokok, alkohol) dan penyakit pencernaan (ulcerative colitis).

Herbal

Pengobatan dengan tanaman herbal dapat mencegah atau mengobati berbagai kondisi kesehatan, seperti peradangan, sakit kepala, depresi, tekanan darah tinggi, bahkan memungkinkan untuk membantu Anda memerangi stres.

Namun, tidak semua obat herbal baik untuk setiap orang, sehingga kita tidak bisa sembarangan meresepkannya sendiri. Bila Anda sedang menjalani pengobatan dengan dokter, Anda harus mengonsultasikan keinginan Anda untuk menggunakan obat herbal agar tidak terjadi penyalahgunaan dan efek samping dengan obat.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini