Virus Flu Bisa Dicegah dengan Terobosan Terbaru

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2015 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 06 481 1191699 virus-flu-bisa-dicegah-dengan-terobosan-terbaru-41Fk1485CR.jpg Cara cegah flu (Foto: Youtube)

FLU yang disebabkan oleh virus nampaknya sangat sulit kita hindari. Kita tidak pernah tahu kapan kekebalan tubuh kita kuat, dan apakah kita terpapar virus penyebab flu atau tidak. Tahu-tahu kita sudah menderita gejala flu dan kondisi tubuh menjadi lemah karena terlanjur sakit.

"Penanganan flu biasanya hanya dengan mengurangi gejala. Kalau gejalanya demam minum paracetamol, kalau batuk cukup dengan banyak minum air putih. Namun untuk mencegah dan mengatasi virus flu sendiri susah. Inovasi antivirus yang sudah ada pun masih kontroversial, sehingga kita butuh alternatif," kata Dr Rudy Susilo, PhD, farmakologis dan fitokemis keturunan Indonesia yang aktif di Berlin, Jerman.

Kini telah ada terobosan baru untuk mencegah virus flu yang dibuat dari bahan-bahan alami. Hal ini sesuai dengan Organisasi Kesehatan Dunia WHO yang merekomendasikan penggunaan alami untuk mencegah flu, karena tidak menimbulkan resistensi maupun mutasi virus. Inovasi tersebut adalah antivirus spray yang dibuat dari bahan aktif alami Alskinova dari rumput laut yg diproses nanoteknologi dan ekstrak tanaman Cistus atau dikenal sebagai Pink Rock Rose dari Mediterania.

"Dua zat tersebut bersinergi untuk memblokir virus. Bahan alami dari rumput laut tersebut berfungsi untuk memproteksi dengan mencegah reseptor virus agar tidak menempel ke sel sehat. Dan Cistus berfungsi menghambat replikasi atau perkembangbiakan virus, juga sebagai antibakteri, antiradang, hingga meningkatkan daya tahan tubuh," jelas pengembang inovasi antivirus tersebut dalam acara konferensi pers "Spartan, Mouthspray Alami untuk Mencegah Flu Terobosan Ilmiah Terbaru dari Indonesia" di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Bahan aktif Alskinova sendiri didapatkan dari rumput laut jenis Kappaphycus yang ada di Indonesia dan dikembangkan melalui joint research Indonesia-Jerman. Kerja sama dengan PT Interbat, PT Quasar Husada dan Evoria GmbH Jerman telah menghasilkan antivirus spray yang bisa digunakan untuk mencegah flu dan meringankan gejala awal flu. Dengan harga terjangkau dan kemasan praktis, terobosan baru yang inovatif dan terjangkau tersebut dijual di Indonesia dengan merk Spartan.

"Inovasi ini dibuat dalam bentuk spray karena akan efektif memblok virus apapun saat diberikan secara lokal ke rongga mulut hingga tenggorokan yang menjadi pintu masuk virus penyebab flu, dibandingkan bila dalam dalam bentuk obat oral yang ditelan atau tablet hisap," pungkasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini