nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mengatasi Anak dengan Alergi Susu Sapi

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2015 16:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 11 481 1194292 cara-mengatasi-anak-dengan-alergi-susu-sapi-awU0RPzfg0.jpg Atasi alergi susu sapi dengan susu formula ini (Foto: Secretly Healthy)

JUMLAH anak yang menderita alergi susu sapi meningkat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan satu dari 25 anak Indonesia di bawah usia tiga tahun menderita alergi ini. Penyebabnya pun beragam, mulai dari genetik hingga pemberian susu sapi terlalu dini pada bayi.

Ketua Divisi Alergi Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, Dr dr Zakiudin Munasir SpA(K), pun menyampaikan rekomendasi penanganan dan alternatif untuk mengatasi masalah alergi susu sapi pada anak yang telah diketahui.

“Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan susu formula hidrolisa ekstensif atau parsial sedini mungkin bagi anak yang sudah jelas memiliki alergi atau riwayat alergi dari keluarga dan tidak bisa mendapat ASI,” tutur dokter anggota saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Susu formula hidrolisa ekstensif atau parsial adalah susu formula yang telah diproses sedemikian rupa untuk mengubah struktur alergen pada susu. Teknologi paling canggih juga telah menghasilkan susu asam amino agar protein susu sapi dapat ditolerir anak yang memiliki kasus alergi berat.

Namun, ada beberapa kekurangan dari jenis-jenis susu formula tersebut, seperti harganya yang mahal dan rasanya yang tidak enak. Oleh karena itu, susu hidrolisa sebaiknya diberikan dini agar anak tidak menolak karena rasanya yang tidak enak, kata Dr Zaki.

“Kalau susu formula hidrolisa tidak mampu dibeli atau tidak disukai anak, ada alternatif lain dengan susu formula soya (kedelai). Itu bisa diberikan kepada anak di bawah enam bulan. Beli susu formula yang sudah diformulasikan khusus untuk bayi dengan alergi, jangan beri susu kedelai asli yang untuk orang dewasa,” pesannya.

Ia menjelaskan bahwa susu formula soya mengandung isolat protein kedelai yang dapat dijadikan pilihan aman dalam penanganan anak dengan alergi protein susu sapi, karena dapat ditoleransi dengan baik. Selain itu, di Indonesia, susu kedelai merupakan asupan yang disukai karena rasanya yang enak.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini