nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Aneh Seseorang Alergi Buah dan Sayur

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2015 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 11 481 1194418 alasan-aneh-seseorang-alergi-buah-dan-sayur-DM6KaEhwLf.jpg Alasan seseorang alergi buah dan sayur (Foto: Westernmedicalsolution)

MULUT Anda suka gatal setelah mengonsumsi buah dan sayuran? Mungkinkah itu karena kandungan pestisida? Beberapa penelitian mungkin telah menghubungkan meningkatnya alergi makanan dengan paparan pestisida tertentu, namun bukan karena reaksi langsung.

Ini bisa jadi karena alergi sangat individual. Untuk menguji kebenarannya, tidak ada salahnya Anda mencoba produk buah dan sayur organik bersertifikat bebas pestisida sintetik, untuk melihat adanya kemungkinan alergi pada buah berpestisida.

Seperti dilansir dari Health, Selasa (11/8/2015), jika produk organik tidak membantu, beberapa orang memiliki apa yang disebut sindrom alergi oral, yang berarti mereka mendapatkan reaksi terhadap protein tertentu yang ditemukan dalam berbagai buah-buahan dan sayuran.

Spesialis alergi dapat melakukan tes kulit atau darah untuk melihat mana protein yang menyebabkan “reaksi silang” ini dan yang dapat membantu Anda menentukan makanan yang perlu dijauhi. Beberapa orang menemukan bahwa gejala mereka hanya terjadi selama musim alergi atau karena buah telah diproses sedemikian rupa hingga menyebabkan masalah pada protein.

Gatal mungkin hanya menjadi gejala ringan, tetapi Anda sebaiknya menghindari makanan yang bisa menjadi pemicu. Bahkan jika Anda sudah pernah merasakan reaksi ringan, dalam kasus yang jarang, reaksi Anda dapat menyebabkan anafilaksis, jenis reaksi berbahaya yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah dan saluran udara yang parah.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini