nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Kandungan ASI yang Bikin Bayi Cepat Kenyang

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2015 15:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 13 481 1195626 ini-kandungan-asi-yang-bikin-bayi-cepat-kenyang-1lE9rxlAnp.jpg Kandungan ASI yang bikin kenyang (Foto: Lennoncenter)

DALAM masa ASI eksklusif selama enam bulan, bayi tidak disarankan untuk makan dan minum apapun selain air susu ibu. Anda mungkin pernah berpikir bagaimana susu ibu dapat mengatasi haus bayi, selain membuatnya kenyang?

Health Team Leader Wahana Visi Indonesia, dr Candra Wijaya, mengatakan bahwa ASI memiliki keajaiban karena mengeluarkan ASI dalam bentuk foremilk dan hindmilk setiap kali menyusui yang masing-masing berfungsi untuk melepaskan dahaga dan mengenyangkan perut bayi.

“Bagian pertama ASI yang keluar dan diberi istilah foremilk itu cair sekali untuk melegakan dahaga. Setelah dahaga selesai, muncul kemudian ASI kental yang disebut hindmilk yang memiliki kandungan kalori dan protein tinggi untuk mengenyangkan anak. Itulah keajaiban ASI,” jelasnya di acara kampanye "Aksi ASI" di Jakarta, baru-baru ini.

Mengingat ASI foremilk keluar pertama kali dan biasanya habis setelah diisap lima menit, ibu sebaiknya tidak cepat memindahkan bayi untuk menyusu di payudara lainnya, kata dr Candra.

“Penting bagi ibu saat menyusui untuk mengosongkan payudara. Kalau pindah-pindah, anak hanya akan dapat ASI encernya yang hanya membuatnya lepas dari haus, sementara anak belum kenyang. Itu salah satu alasan mengapa anak selalu rewel saat disusui,” ungkapnya.

(ren)

Berita Terkait

Hari ASI Sedunia

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini