nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lima Langkah Cegah Penyakit Akibat Sengatan Panas

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2015 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 08 14 481 1196452 lima-langkah-cegah-penyakit-akibat-sengatan-panas-X4k1iXtGE8.jpg Mencegah penyakit sengatan panas (Foto: Boldsky)
SAAT musim kemarau sudah pasti Anda harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Salah satunya yaitu mencegah penyakit akibat sengatan panas yang berbahaya.
 

Berikut ini Okezone merangkum lima langkah untuk mencegah penyakit sengatan panas, sebagaimana dikutip Boldsky, Jumat (14/8/2015).

Banyak minum air putih

Jika Anda beraktivitas, setidaknya harus memenuhi kebutuhan asupan cairan air putih atau jus buah. Dengan begitu, tubuh akan terlindungi dari efek buruk dari sengatan panas yang berbahaya.

Gunakan pelindung kulit

Agar kulIt Anda tidak rentan terbakar karena matahari, Anda harus mengoleskan krim tabir surya ke kulit Anda secara merata.

Hindari keluar siang hari

Selama Anda beraktivitas di kantor sebaiknya hindari untuk keluar siang hari. Karena, tepat antara pukul 10.00 hingga 14.00 sengatan matahari sangat parah, sehingga membuat Anda mudah berkeringat.

Hindari pakaian ketat dan warna gelap

Pakaian ketat akan meningkatkan suhu tubuh dan juga berkeringat. Begitu pula dengan baju berwarna gelap, tidak mudah menyerap panas dan tidak nyaman dipakai. Maka itu gunakan pakaian longgar dan berwarna terang ketika keluar di bawah sinar matahari.

Mandi

Jika Anda memiliki tanda-tanda kelelahan panas, segeralah mandi. Ini akan mendinginkan dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga tidak mudah jatuh sakit.

Hindari makanan berlemak

Selama Anda membutuhkan asupan banyak energi, tetapi memilih konsumsi makanan berlemak, akibatnya mudah lelah setiap saat. Maka itu konsumsilah makanan kaya serat yang mudah dicerna oleh usus, seperti halnya sayur dan buah.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini