Share

Lima Makanan Manis Thailand Patut Dicicipi

Santi Andriani, Jurnalis · Selasa 18 Agustus 2015 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 18 298 1198007 lima-makanan-manis-thailand-patut-dicicipi-1yRhrOzRBp.jpg Kue manis di Bangkok (Foto:Bangkokcom)

THAILAND tak hanya terkenal dengan makanan ekstrem dan aneka olahan sayurannya. Tapi juga beraneka makanan yang manis-manis.

Siapa sih yang tak suka makanan yang manis-manis, apalagi selepas santap berat. Makanan manis atau dessert sangat pas sebagai penutup.

Di Negara Thailand sendiri banyak memiliki aneka makanan manis yang pas menjadi dessert atau makanan sepinggan. Beberapa di antaranya bahkan sudah sangat terkenal di dunia Internasional.

Dilansir dari Bangkok, Selasa (18/8/2015), setidaknya ada lima makanan manis yang patut Anda cicipi jika berwisata ke Thailand. Bahkan, beberapa di antaranya disajikan di sejumlah tempat makan khas Thailand di Indonesia.

Khao niew bing

Khao niew bing adalah olahan beras ketan dengan cita rasa yang manis yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Pengolahannya yaitu dengan dibakar. Sebelum dibakar, beras ketan dimasak lama secara tradisional dengan dibumbui santan dan gula agar rasanya manis gurih. Setelah tanak menjadi nasi ketan, kemudian dibungkus daun pisang untuk selanjutnya dibakar di atas bara api. Khao niew bing biasanya disantap sebagai teman minum teh atau camilan malam hari saat perut lapar.

Saat ke Thailand dan ingin mencoba makanan ini, Anda bisa menyambangi gerainya di sepanjang jalan di depan Platinum Shopping Mall di Pratunam.

 

Luk Chup

Kalau melihat makanan manis ini, Anda pasti teringat dengan Kue Ku di Tanah Air, karena bentuknya yang sama yaitu menyerupai miniatur buah-buahan, warnanya mengilap dan bahan utamanya pun sama yaitu kacang hijau yang direbus. Kue ini pertama kali diperkenalkan oleh penjajah Portugis pada 1600-an. Bahan dasarnya adalah kacang hijau yang direbus, gula dan santan kelapa. Bentuknya bisa menyerupai buah ceri, jeruk, potongan semangka dan telur, tentu dalam ukuran yang lebih kecil. Jika ingin mencicipi rasanya yang asli, Anda bisa menyambangi Or Tor Kor Market dekat pasar Chatuchak Weekend, atau juga di Baan Luk Chup Cafe.

 

Roti

Roti manis khas Thailand renyah di luar tapi lembut di bagian dalamnya. Anda bisa memesannya polos atau tanpa isian, karena rasanya yang sudah manis. Atau bisa juga dengan isian pisang atau nanas. Bahan yang wajib adalah susu kental manis yang disiram di atas roti yang disajikan masih hangat. Anda bisa dengan mudah menemukan roti di sepanjang jalan Khao San. Tapi untuk rasa yang terbaik adalah yang dijual di Roti Mataba Restaurant di seberang Phra Sumen Fort dekat dengan suang di Jalan Phra Athit.

 

I-dtim mat phrao

Setiap negara pasti memiliki es krim khasnya, termasuk di Thailand. Es krim khas Thailand merupakan adaptasi dari es krim khas Italia. Es krim memiliki rasa tawar yang kemudian diberi taburan sirup manis, santan, agar-agar manis atau buah segar. Penduduk lokal Thailand sering menambahkan jagung rebus atau menikmatinya dengan roti putih.

Ingin mencobanya? Anda bisa dengan mudah menemukannya karena es krim ini dijajakan oleh pedagang di sepanjang jalan. Salah satunya di Taman Lumpini dekat pintu masuk stasiun MRT Siloam.

 

Khao niew mamuang

Makanan manis ini bisa dibilang yang paling popular bahkan hingga ke mancanegara. Masih dengan nasi ketan yang kali ini dimakan dengan buah mangga dan saus santan kental dengan taburan wijen di atasnya. Anda bisa dengan mudah menemukan makanan manis ini di semua restoran Thailand di seluruh dunia, tapi disebut-sebut yang rasanya paling enak hanya ada di Thailand, karena kualitas buah mangganya yang berbeda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini