nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bernostalgia dengan Jajanan Legendaris Kue Rangi

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2015 04:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 08 18 298 1198321 bernostalgia-dengan-jajanan-legendaris-kue-rangi-5EgG4hKVxI.jpg Kue rangi (Foto:Aniverdi)

ANDA yang kini sudah bekerja di kantor pasti tahu bagaimana bentuk dan rasa kue rangi bukan? Keberadaan kue tempo dulu ini ternyata masih eksis hingga sekarang, meskipun agak susah menemukan penjualnya tapi masih ada di beberapa tempat.

Kue rangi terbuat dari bahan sederhana yaknu kelapa parut dan tepung sagu. Campuran kedua bahan ini kemudian dimasak di atas cetakan dengan bentuk menyerupai cetakan kue pancong namun dengan ukuran yang lebih kecil dan tipis. Setelah dimasak hingga matang, kue ini disajikan dengan olesan saus gula merah bertekstur kental.

“Masih banyak orang yang cari kue rangi, kadang kalau di acara festival bisa sampai antre yang beli,” kata penjual kue rangi yang enggan menyebut namanya itu.

Untuk menghasilkan kue rangi yang lembut namun renyah ternyata ada tipsnya. “Kelapa parut yang dipakai yang usianya sedang, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Kelapa kemudian dikukus dulu sebelum di campur ke sagu,” tambah pedagang yang ditemui di Mal Ciputra Jakarta Barat itu.

Ingin bernostalgia dengan kue zaman dulu ini? Datang saja ke festival kuliner legendaris bertajuk “Kampoeng Legenda”.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini