nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gulali Kampung Manisnya Lengket di Lidah

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 19 Agustus 2015 05:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 18 298 1198344 gulali-kampung-manisnya-lengket-di-lidah-NFWU6yOxiq.jpg Gulali kampung (Foto:Devi/Okezone)

SUKA makanan manis? Cobalah jajanan tempo dulu yang memiliki rasa manis, yup, gulali kampung. Permen yang terbuat dari bahan dasar gula pasir ini bukan hanya memiliki rasa manis tetapi juga bentuk yang unik.

Gulali kampung dulu banyak dijajakan penjual menggunakan sepeda ataupun pikulan dengan cara berkeliling kampung. Penjual biasanya baru akan membuat gulali jika ada pembeli yang menghampiri. Bentuk dan warnanya bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli, biasanya warna yang tersedia hanya merah dan hijau.

Bentuk gulali yang beragam membuat anak-anak tertarik. Penjual biasa membuat bentuk bunga, ayam jago, dot bayi, balon, pluit dan lain sebagainya. Gagang dari sebatang bambu menjadi pegangan ketika menyantap permen ini.

Kini penjual permen gulali seperti ini sudah sangat sulit ditemukan, sekarang gulali kampung seperti ini kadang ditemui di festival atau event bertajuk kuliner tempo dulu. Meskipun terkesan ketinggalan zaman, gulali kampung ini terbukti masih banyak diburu orang karena rasanya yang manis. Jika Anda kangen dengan jajanan ini, Anda bisa menemukan di festival kuliner Kampoeng Legenda di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta Barat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini